Abstract:
Program Pengembangan Karakter Siswa (PPKS) memiliki
peranan penting dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan
motivasi belajar peserta didik. Kecerdasan spiritual atau biasa
disebut dengan kecerdasan ruhaniah sangat ditentukan oleh upaya
untuk memberikan pencerahan terhadap qalbu sehingga mampu
memberikan nasehat dan arah tindakan seseorang. Kemudian
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh
beberapa faktor seperti cita-cita, kemampuan belajar, dan lingkungan
kelas yang kondusif. Penerapan Program Pengembangan Karakter
Siswa (PPKS) yang dilakukan secara optimal dapat mempengaruhi
tinggi rendahnya kecerdasan spiritual siswa serta dapat menunjang
motivasi siswa dalam belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
pengaruh Program Pengembangan Karakter Siswa (PPKS) terhadap
kecerdasan spiritual dan motivasi belajar pada Siswa di MAS
Khairul Hikmah Kabupaten Mempawah. Pendekatan penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian berupa jenis
asosiatif dengan sampel sebanyak 57 siswa di MAS Khairul Hikmah
Kabupaten Mempawah. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner dengan menggunakan metode skala likert. Alat analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan
analisis regresi linear sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan
bahwa Program Pengembangan Karakter Siswa (PPKS) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kecerdasan spiritual dan motivasi
belajar siswa.