MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH MUJAHIDIN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Indriani, Raden Ayu
dc.date.accessioned 2023-09-13T02:43:12Z
dc.date.available 2023-09-13T02:43:12Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3674
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan pembelajaran yang masih konvensional. Peneliti melihat kurangnya aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran Akidah Akhlak. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan mendeskripsikan data tentang: 1) Aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan model kooperatif Think Pair Share. 2) Penggunaan model kooperatif Think Pair Share. 3) Aktivitas belajar siswa saat menggunakan model kooperatif Think Pair Share. 4) Peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa setelah menggunakan model kooperatif Think Pair Share pada pembelajaran Akidah Akhlak. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data utama yang digunakan yaitu guru Akidah Akhlak dan peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak. Untuk memperoleh data aktivitas belajar siswa digunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi. Dengan alat pengumpulan datanya berupa lembar observasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share di kelas XI Madrasah Aliyah Mujahidin yaitu dengan rata-rata 28% yang berarti masuk dalam kategori rendah (D). 2) Penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Mujahidin sudah maksimal (mencapai persentase 100%) dari 14 indikator yang dilakukan. Nilai persentase yang mencapai 100% ini dikarenakan semua indikator pada langkahlangkah pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dilakukan semua dan bernilai 1 dengan keterangan dilaksanakan, hal ini dibuktikan dengan lembar observasi penggunaan Think Pair Share. 3) Aktivitas belajar siswa saat menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share pada siklus I diperoleh ratarata 66% dengan kategori tinggi (B), setelah pemberian tindakan pada pengamatan siklus I diperoleh nilai rata-rata 91% dengan kategori tinggi sekali (A), ini berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. 4) Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa setelah menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share yang terjadi pada siklus I dengan persentase 55% dengan kategori cukup (C). Pada siklus II peningkatan terjadi dengan persentase 81% dengan kategori tinggi sekali (A). Hal ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas XI Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak. Jadi peneliti tidak melanjutkan ke siklus III dikarenakan dalam pelaksaaan siklus II sudah tercapai. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Think Pair Share en_US
dc.subject Aktivitas Belajar Siswa en_US
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH MUJAHIDIN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account