METODE PENDIDIK AN ANAK DALAM ISLAM Perspektif Buku Cara Nabi Mendidik Anak : Relevansinya Sebagai Sumber Belajar PAI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Zuraya, Helva
dc.contributor.author Nurjannah, Nurjannah
dc.date.accessioned 2023-09-13T01:24:51Z
dc.date.available 2023-09-13T01:24:51Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3671
dc.description.abstract Orang tua merupakan pendidik pertama dan utama, metode atau pola orang tua dalam mendidik akan menentukan perkebangan anak. anak sebagai amanah yang Allah titipkan hendaknya diberikan pendidikan dengan sebaik-baiknya agar anak memilki masa depan yang baik, karena orang tua yang akan menetukan masa depan seorang anak. Raulullah SAW. rasul utusan Allah menjadi teladan yang baik dalam mendidik anak dan banyak literatur yang memuat metode-metode dalam mendidik anak ala Rasulullah SAW. yang disertai dalil Hadits maupun Al-Quran. Sesuai latar belakang tersebut maka maka fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pendidikan anak dalam Islam berdasarkan perspektif buku Cara Nabi Mendidik Anak Karya Muhammad Nur Abdul Hafidh Suwaid” serta relevansinya sebagai sumber belajar PAI, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana metode pendidikan anak dalam Islam berdasarkan perspektif buku Cara Nabi Mendidik Anak Karya Muhammad Nur Abdul Hafidh Suwaid” serta relevansinya sebagai sumber belajar PAI. Penelitian ini dilakukan dengan pendekan penelitian kualitatif dengan mengunakan metode penelitian pustaka atau library research. Pengumpulan data berasal dari dua sumber yaitu data primer dan sekunder. Teknik analisis data mengunakan teknik analisis isi (content analiysis). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa didalam buku Prophetic Parenting Cara Nabi Mendidik Anak Karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid terdapat beberapa metode dalam mendidik anak yaitu yang meliputi : (1) Menampilkan suri tauladan yang baik (2) Mencari waktu yang tepat untuk menasehati (3) Bersikap adil dan menyamakan pemberian (4) Menunaikan hak anak (5) Mendoakan anak (6) Membelikan anak mainan (7) Membantu anak untuk berbakti dan mengerjakan ketaatan (8) Tidak suka marah dan mencelah. Berdsarkan motede mendidik anak tersebut sangat relevan dengan sumber belajar PAI: (1) Keteladaan, guru sebagai sumber belajar menjadi role mode bagi peserta didik, maka dari itu guru diharuskan memiliki kepribadian yang baik, baik itu dari segi perbuatan, perkataan dan sikap. (2) Nasehat, jika dalam sumber belajar nasehat di sini disebut dengan pesan. Pesan disampaikan guru kepada peserta didik teriat dengan materi yang sedang dipelajari (3) Mainan, dalam sumber belajar PAI di sebut dengan alat yang digunan oleh guru untuk memahami materi. Sebagai contoh guru mengunakan permaian edukasi baik berupa alat ataupun gambar dalam kegiatan KBM. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.subject Rasulullah SAW en_US
dc.subject Orang tua en_US
dc.title METODE PENDIDIK AN ANAK DALAM ISLAM Perspektif Buku Cara Nabi Mendidik Anak : Relevansinya Sebagai Sumber Belajar PAI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account