UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI MTS NEGERI 2 MELAWI PASCA-PANDEMI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.author Farahiyah, Mashfufah Ferina Ramida
dc.date.accessioned 2023-09-12T04:24:30Z
dc.date.available 2023-09-12T04:24:30Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3665
dc.description.abstract Latar belakang dalam penelitian ini adanya karakter siswa yang kurang baik di MTs Negeri 2 Melawi pasca pandemi seperti tidak semua siswa mengerjakan PR, kurang motivasi untuk belajar, serta kurang mau mendengarkan nasehat dari guru. Untuk mengembangkan karakter siswa menjadi lebih berkualitas lagi seperti biasanya, guru aqidah akhlak serta dewan guru lainnya menggunakan upaya dengan cara melakukan pendekatan individu dengan cara di panggil satu per satu diberikan bimbingan, di berikan nasehat serta, mengajak kepada orang tua siswa dan wali untuk bekerja sama dalam pembentukan karakter siswa Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui upaya guru akidah akhlak dalam pengembangan karakter siswa di MTs Negeri 2 Melawi pasca-pandemi, 2) mengetahui penerapan guru akidah akhlak dalam pengembangan karakter siswa di MTs Negeri 2 Melawi pasca-pandemi dan 3) mengetahui kendala guru akidah akhlak dalam pengembangan karakter siswa di MTs Negeri 2 Melawi pasca-pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru aqidah akhlak, waka kurikulum dan kepala MTs Negeri 2 Melawi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data, kecukupan referensi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Upaya guru akidah akhlak dalam pengembangan karakter siswa di MTs Negeri 2 Melawi pasca pandemi yaitu salat zuhur berjamaah, mengaji sebelum belajar, menerapkan slogan 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun), baris sebelum masuk kelas. Sedangkan yang dilakukan oleh guru akidah akhlak itu sendiri yaitu dengan upaya memberikan nasehat, dan memasukan nilai karakter di rpp dan silabus, 2) Penerapan upaya guru akidah akhlak dalam pengembangan karakter siswa di MTs Negeri 2 Melawi pasca-pandemi yaitu meningkatkan kedisiplinan siswa seperti mengontrol pakaian siswa terlebih dahulu, dan disiplin dalam pakaian, kemudian kerjasama antara orang tua dan dewan guru, 3) Kendala guru akidah akhlak dalam pengembangan karakter siswa di MTs Negeri 2 Melawi seperti kurangnya kerjasama dengan orang tua bahkan orang tua sendiri tidak mengetahui serta tidak peduli dengan tingkah laku anaknya. Faktor lingkungan sekolah juga sangat berpengaruh seperti keberadaan sekolah di sekitar pemukiman penduduk jadi kurang efektif untuk proses belajar mengajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Upaya Guru Akidah Akhlak en_US
dc.subject Pengembangan Karakter en_US
dc.title UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI MTS NEGERI 2 MELAWI PASCA-PANDEMI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account