PENERAPAN KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SDN 47 PENANJUNG KABUPATEN SEKADAU TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Sulaiman, Sulaiman
dc.contributor.author Lasmini, Lasmini
dc.date.accessioned 2023-09-12T04:16:26Z
dc.date.available 2023-09-12T04:16:26Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3664
dc.description.abstract Penelitian ini di latarbelakangi oleh penerapan keterampilan mengelola kelas pada mata pelajaran PAI yang telah diterapkan dengan baik oleh guru PAI, namun masih terdapat beberapa peserta didik yang sulit diatur dan mencari perhatian guru dengan cara mengganggu peserta didik lain sehingga membuat kondisi kelas menjadi gaduh dan hal tersebut yang menyebabkan kurang kondusif pada suasana di dalam kelas. Berdasarkan identifikasi masalah maka penelitian ini difokuskan pada penerapan keterampilan mengelola kelas oleh guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam di kelas V SDN 47 Penanjung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang: 1) penerapan keterampilan mengelola kelas oleh guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam secara preventif di kelas V SDN 47 Penanjung Kabupaten Sekadau, 2) penerapan keterampilan mengelola kelas oleh guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam secara represif di kelas V SDN 47 Penanjung Kabupaten Sekadau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus masalah. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI dan wali kelas V di SDN 47 Penanjung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif model Miles dan Huberman dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan member check. Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan keterampilan guru dalam menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal di kelas V SDN 47 Penanjung Kabupaten Sekadau sudah diterapkan dengan baik dan tertata, karena guru bersikap tanggap, membagi perhatian, memusatkan perhatian kelompok, memberi petunjuk yang jelas, menegur peserta didik dan memberi penguatan pada saat mengajar. 2) Penerapan Keterampilan guru dalam mengendalikan dan mengembalikan kondisi belajar yang optimal pada kelas V SDN 47 Penanjung Kabupaten Sekadau sudah diterapkan dengan baik dan tanggap, karena guru memberikan pembiasaan perilaku baik, menangani masalah, menemukan dan mengatasi masalah yang timbul ketika proses belajar berlangsung. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Keterampilan Mengelola Kelas en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title PENERAPAN KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SDN 47 PENANJUNG KABUPATEN SEKADAU TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account