PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI OLEH GURU PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NAHDLATUS SYUBBAN KOTA PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, M
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Ramadhan, Fakhri Fajar
dc.date.accessioned 2023-09-12T02:14:38Z
dc.date.available 2023-09-12T02:14:38Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3657
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi sangat diperlukan dalam dunia pendidikan, utamanya sebagai alat untuk membantu pendidik melakukan proses pembelajaran yang menarik dan efektif. yaitu adalah Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi oleh guru pada pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Nahdlatus Syubban Kota Pontianak. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang: 1) Bentukbentuk pemanfaatan TIK pada pembelajaran Fiqih. 2) Strategi guru dalam memanfaatkan TIK pada pembelajaran Fiqih. 3) Faktor pendukung dan penghambat proses pemanfaatan TIK pada pembelajaran Fiqih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sekunder. Sumber primer yaitu guru fiqih serta peserta didik di MTs Nahdlatus Syubban Kota Pontianak dan sumber sekunder menggunakan dokumen laporan terkait profil madrasah. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil sebagai berikut: 1) Pemanfaatan TIK pada pembelajaran fiqih di MTs Nahdlatus Syubban Kota Pontianak terbagi menjadi 2 bentuk, sebagai sumber belajar dan media belajar. 2) Strategi guru dalam memanfaatkan TIK pada pembelajaran adalah dengan menyampaikan materi dibantu dengan sajian video pembelajaran dan slide power point disertai penjelasan tambahan oleh guru. Kemudian peserta didik dibuat menjadi berkelompok agar bisa lebih aktif berdiskusi seputar materi pembelajaran. 3) Faktor pendukung antara lain: Ketersediaan sarana TIK, kemampuan guru fiqih dalam menguasai TIK, serta pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik. Kemudian faktor yang menghambat antara lain: keterbatasan jumlah LCD/proyektor dan speaker, persiapan TIK yang memakan waktu pembelajaran, serta peserta didik tidak diperbolehkan menggunakan handphone pada pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi en_US
dc.subject Pembelajaran Fiqih en_US
dc.title PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI OLEH GURU PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NAHDLATUS SYUBBAN KOTA PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account