PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PESERTA DIDIK PADA KEGIATAN DINIYAH KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 29 JANGKANG KABUPATEN SANGGAU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Hermawan, Cholik
dc.date.accessioned 2023-09-11T01:47:20Z
dc.date.available 2023-09-11T01:47:20Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3653
dc.description.abstract Latar belakang dilakukanya penelitian ini adalah untuk melihat pelafalan huruf hijaiyah peserta didik kelas 3 setelah penerapan metode pembelajaran quantum hijaiyah di Sekolah Dasar Negeri 29 Jangkang Kabupaten Sanggau penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metodenya penelitian tindakan kelas. sumber data mengunakan data primer dan sekunder. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. kemudian teknik kebsahan data yaitu triangulasi penerapan metode quantum hijaiyah dalam proses pembelajaran alquran khususnya untuk meningkatkan penguasaan makhrojul huruf hijaiyah. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui kemampuan pelafalan huruf hijaiyah peserta didik kelas 3 sebelum penerapan metode pembelajaran quantum hijaiyah pada kegiatan diniyah di Sekolah Dasar Negeri 29 Jangkang Kabupaten Sanggau (2) Untuk mengetahui kemampuan pelafalan huruf hijaiyah peserta didik kelas 3 setelah penerapan metode pembelajaran quantum hijaiyah pada kegiatan diniyah di Sekolah Dasar Negeri 29 UPT SP 4 Jangkang Kabupaten Sanggau (3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca al-quran pada kegiatan diniyah peserta didik kelas 3 setelah penerapan metode pembelajaran quantum hijaiyah pelafalan huruf hijaiyah di Sekolah Dasar Negeri 29 UPT SP 4 Jangkang Kabupaten Sanggau. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, (1) Pada pra siklus atau sebelum diterapkannya metode quantum hijaiyah, kemampuan pelafalan huruf hijaiyah peserta didik dikatakan masih kurang dengan nilai ratarata 66,23 (2) Pada siklus I setelah diterapkannya metode quantum hijaiyah peserta didik mengalami peningkatan dalam melafalkan huruf hijaiyah sesuai dengan makhrojul huruf, dibandingkan sebelum diterapkannya metode quantum hijaiyah tetapi, masih belum memenuhi kriteria dengan nilai rata-rata 70,35 (3) Pada siklus 2 pelafalan huruf hijaiyah peserta didik sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh peneliti. Jadi peneliti tidak melanjutkan ke siklus 3 dikarenakan dalam pelaksaaan siklus 2 sudah tercapai dengan nilai rata-rata 81. Kemampuan peserta didik dalam melafalkan huruf hijaiyah sebelum dan sesudah di terapkannya metode quantum hijaiyah memiliki perbedaan yang signifikan. Sebelum diterapkannya metode pelafalan huruf hijaiyah belum tepat. Namun setelah diterapkannya metode quantum hijaiyah kemampuan peserta didik mengalami peningkatan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Quantum Hijaiyah en_US
dc.subject Kemampuan membaca Al Quran en_US
dc.subject Kegiatan Diniyah en_US
dc.title PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PESERTA DIDIK PADA KEGIATAN DINIYAH KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 29 JANGKANG KABUPATEN SANGGAU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account