PENGELOLAAN BUDAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs.N 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.author Najah, Anita Kunti Rosidatun
dc.date.accessioned 2023-09-11T01:18:51Z
dc.date.available 2023-09-11T01:18:51Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3649
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: satu, pengelolaan budaya madrasah yang ada di MTs.N 2 Pontianak; dua, pengelolaan budaya madrasah dalam meningkatkan motivasi siswa; tiga, faktor pendukung dan penghambat dari pengelolaan budaya madrasah terhadap motivasi belajar siswa di MTsN.2 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitiannya di MTs.N 2 Pontianak. Adapun sumber data penelitian ini yaitu kepala madrasah, tiga guru, tiga siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Instrumen yang digunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi data. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi sumber, member check, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: satu, pengelolaan budaya madrasah di MTs.N 2 Pontianak meliputi budaya kerjasama, budaya kedisiplinan, budaya kesopanan, budaya solidaritas, dan budaya keagamaan. Budaya keagamaan terdiri dari budaya sholat, budaya mengaji dan budaya yasinan. Dua, pengelolaan budaya madrasah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dikelola dengan 4 strategi, yaitu melakukan perencanaan program yang matang dan strategi pencapaian yang jelas, melakukan perubahan mindset kepada seluruh stakeholder, menciptakan daya dukung yang optimal, monitoring dan evaluasi. Tiga, faktor pendukung dari pengolaan budaya madrasah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu adanya dukungan dari pihak madrasah terkait fasilitas, sarana dan prasaran dan juga komunikasi yang baik antar warga madrasah. Faktor penghambatnya meliputi kurangnya kesadaran sebagian siswa terkait budaya madrasah dan perbedaan pendapat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Budaya Madrasah en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject MTs.N 2 Pontianak en_US
dc.title PENGELOLAAN BUDAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs.N 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account