Abstract:
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk : 1) Mengetahui bisnis Hiburan Musik
Grup Band New Madesa di Kabupaten Ketapang, 2) Mengetahui tantangan yang
dihadapi bisnis musik Grup Band New Madesa di Kabupaten Ketapang, 3)
Mengetahui potensi yang dimiliki Grup Band New Madesa di Kabupaten Ketapang.
Dengan fokus penelitian pengelolaan Bisnis Hiburan Grup Musik Band New
Madesa di Kabupaten Ketapang.
Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan pendekatan Kualitatif.
Penelitian ini penulis arahkan pada kenyataan yang berhubungan dengan Eksistensi
Bisnis Hiburan Grup Band New Madesa di Kabupaten Ketapang dengan tujuan
untuk mendapatkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang disusun
berdasarkan data dan fakta di lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah
dengan cara dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan
yaitu dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Data pada akhirnya
akan di uji keabsahannya dengan teknik triangulasi data dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Band New Madesa merupakan
sebuah grup musik band yang berasal dari Desa Tanjung Pasar Kecamatan Muara
Pawan Kabupaten Ketapang yang hingga kini masih diakui keberadaannya. Hal
ini dikarenakan grup ini dapat mengelola manajemen dengan baik dalam hal
pemasaran, dan konsistensi dalam meningkatkan serta menjaga kualitas musik
maupun penampilan dalam setiap pementasan. Oleh karena itu hingga saat ini
keberadaan grup ini terus diakui oleh masyarakat dan membuat grup ini tetap eksis
hingga saat ini. Adapun faktor pendukung dalam menjaga eksistensi sebuah grup
musik yaitu strategi, konsistensi dan pengakuan dari masyarakat. Sedangkan faktor
penghambat perkembangan grup band dapat digolongkan menjadi faktor internal
dan eksternal. Faktor internal dipengaruhi oleh kemampuan atau skill dan
kurangnya publikasi, sedangkan faktor eksternal disebabkan oleh “Plagiat” grup
musik yang baru bermunculan dan berkembangnya isu-isu yang menjatuhkan.