Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) perencanaan
keluarga bahagia perspektif ibu berkarir pada guru Pegawai Negeri Sipil
Madrasah Aliyah Negeri 01 Sintang; (2) pengorganisasian keluarga bahagia
perspektif ibu berkarir pada guru Pegawai Negeri Sipil Madrasah Aliyah
Negeri 01 Sintang; (3) pengarahan keluarga bahagia perspektif ibu berkarir
pada guru Pegawai Negeri Sipil Madrasah Aliyah Negeri 01 Sintang; (4)
pengendalian keluarga bahagia perspektif ibu berkarir pada guru Pegawai
Negeri Sipil Madrasah Aliyah Negeri 01 Sintang.
Pendekatan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Metode pengumpulan data berupa observasi non partisipan, wawancara
terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data memakai model analisis
interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan/verifikasi data. Teknik keabsahan data yaitu dengan
member check, dan kecukupan referensi.
Hasil data penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) perencanaan
keluarga bahagia perspektif ibu berkarir pada guru Pegawai Negeri 01
Sintang di Madrasah Aliyah Negeri 01 Sintang ialah mengatur waktu
dengan maksimal, menjalin komunikasi dengan keluarga serta membuat
skala prioritas; 2) pengorganisasian keluarga bahagia perspektif ibu berkarir
pada guru Pegawai Negeri Sintang di Madrasah Aliyah Negeri 01 Sintang
ialah menjalankan peran dan tanggung jawab serta pentingnya bekerja
sama antar sesama keluarga; 3) pengarahan keluarga bahagia perspektif ibu
berkarir pada guru Pegawai Negeri Sintang di Madrasah Aliyah Negeri 01
Sintang ialah mengarahkan anggota keluarga, menjadikan diri sebagai
contoh yang baik untuk keluarga dan memberikan perinatan saat arahan
tidak dilaksanakan; 4) pengendalian keluarga bahagia perspektif ibu berkarir
pada guru Pegawai Negeri Sintang di Madrasah Aliyah Negeri 01 Sintang
ialah melakukan intropeksi diri, melakukan diskusi untuk mencari jalan
keluar, serta saling mendukung sesama keluarga.