PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DI TKIT KHULAFAUR RASYIDIN SUNGAI RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.author Elisa, SYF
dc.date.accessioned 2023-08-09T02:25:57Z
dc.date.available 2023-08-09T02:25:57Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3507
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang diangkat dalam penelitian: 1) pelaksanaan pembelajaran PAI di TKIT Khulafaur Rasyidin, 2) faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran PAI di TKIT Khulafaur Rasyidin. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai: 1) pelaksanaan pembelajaran PAI di TKIT Khaulafaur Rasyidin, 2) faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran PAI di TKIT Khaulafaur Rasyidin. Untuk memperoleh gambaran data yang dibutuhkan maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh di lapangan sebagai berikut: 1) pelaksanaan pembelajaran PAI, dalam hal ini guru membuat beberapa tahapan, yaitu kegiatan pendahuluan yang di dalamnya berisi guru mengucapkan salam, melakukan doa masuk kelas dan membaca salah satu surat pendek di dalam Al-Qur‟an secara bersama-sama. Kegiatan inti dimana anak belajar sesuai jadwal yang telah ditetapkan, di sini guru menggunakan metode yang berbeda-beda yakni ada metode bercerita, bernyanyi dan guru menggunakan media gambar agar anak tidak bosan dan belajar menjadi menyenangkan. Kegiatan akhir menyimpulkan kegiatan belajar dan membaca doa keluar kelas, doa naik kendaraan darat, serta doa kedua Ibu Bapak dan mengucapkan salam. 2) faktor pendukung yang dapat mempengaruhi pembelajaran PAI adalah guru dan wali murid atau orangtua peserta didik itu sendiri. Guru menjadi faktor penting dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam itu sendiri. Guru merupakan fasilitator yang bertugas menyampaikan pesan-pesan pendidikan baik pendidikan moral, akhlak dan sebagainya haruslah memiliki kompetensi-kompetensi yang memadai. Materi-materi pelajaran di sekolah hendaklah diulang atau dipelajari kembali di rumah, tugas orangtua adalah membantu peserta didik mengulang dan mengingat kembali materi pelajar di sekolah. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran PAI adalah kesulitan dalam memilih metode yang sesuai dengan materi pelajaran. Kesulitan dalam menghadapi perbedaan individu peserta didik. Selain itu, faktor penghambat lainnya juga berasal dari orangtua peserta didik yang kurang memperhatikan pendidikan anak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pelaksanaan en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject PAI en_US
dc.title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DI TKIT KHULAFAUR RASYIDIN SUNGAI RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account