PENERAPAN KEGIATAN FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-HUSNA PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.author Faryani, Faryani
dc.date.accessioned 2023-08-09T01:02:58Z
dc.date.available 2023-08-09T01:02:58Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3503
dc.description.abstract Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di RA Al-Husna Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023 yang mana seharusnya sudah mampu dalam mengembangkan motorik halus seperti menggunting, menempel, melipat, menulis dan mewarnai yakni dengan memberikan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun sesudah siklus I dan siklus II dilakukan kegiatan finger painting; 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan sesudah siklus I dan siklus II penerapan kegiatan finger painting terhadap motorik halus anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian berada di RA Al-Husna Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B yaitu berusia 5-6 tahun yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa pengukuran dengan alat tes, observasi dengan alat yaitu catatan lapangan dan lembar pengamatan, teknik dokumen dengan alat lembar RPPH dan kurikulum. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan kerangka kerja Miles and Huberman yang terdiri dari data reduksi, display, dan verifiikasi. Penelitian ini juga menggunakan data kuantitatif dengan menggunakan rumus presentase P = ×100% dan rubrik ketuntasan penilaian pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut; pada siklus I ditemukan bahwa 89 % anak masih belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar tingkat MB dan 11% anak BSH serta pada siklus II ditemukan bahwa 56% anak sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar tingkat BSH dan 44% anak BSB; pada sesudah penerapan kegiatan finger painting terjadi peningkatan secara signifikan yaitu ditemukan bahwa pada siklus I terdapat 16 anak dengan persantase 89% MB dan 2 anak dengan persentase 11% BSH dari jumlah keseluruhan 18 anak. Adapun pada siklus II sudah mencapai ketuntasan minimal yaitu 10 anak dengan persentase 56% di BSH dan 8 anak dengan persentase 44% di BSB dari jumlah keseluruhan 18 anak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Finger Painting en_US
dc.subject Motorik Halus en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title PENERAPAN KEGIATAN FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-HUSNA PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account