Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi pemahaman masyarakat pada Produk-Produk Pembiayaan di
Bank Syariah Indonesia. Metode dalam penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai
di kantor Kementerian Agama Nanga Pinoh. Sampel dalam penelitian ini 24
responden yang diambil dengan teknik random sampling. Metode analisis
data menggunakan uji insturumen, uji asumsi klasik, Analisis Regresi linier
berganda, dan uji hipotesis.
Kesimpulan berdasarkan analisis yang telah dilakukan bahwa variabel
faktor pengetahuan, pekerjaan, dan pendidikan secara parsial berpengaruh
positif dan signifikan terhadap pemahaman masyarakat pada Produk-Produk
Pembiayaan di Bank Syariah Indonesia, sedangkan variabel faktor
lingkungan/sosial dan informasi tidak berpengaruh (negatif) terhadap
pemahaman masyarakat. Secara simultan faktor pengetahuan, faktor
pekerjaan, dan faktor pendidikan berpengaruh signifikan tehadap pemahaman
masyarakat pada Produk-Produk Pembiayaan di Bank Syariah Indonesia.