Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalis pengaruh kemudahan
penggunaan mobile banking terhadap perilaku konsumtif. Dalam penelitian ini
digunakan desain penelitian deskriptif dan kausal. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh mahasiswa IAIN Pontianak yang menggunakan mobile banking.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Penyebaran
kuesioner dilakukan kepada 100 responden dengan menggunakan teknik accidental
sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dengan
menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, kemudahan
penggunaan mobile banking berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif.
Hasil ini dibuktikan dengan menggunakan Uji t (Parsial) didapatkan hasil T hitung
yaitu sebesar 11,443 dengan T tabel sebesar 1,67022. Hal ini menjelaskan bahwa T
hitung lebih besar dari pada T tabel, yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian, jika tingkat kemudahan penggunaan mobile banking
mengalami peningkatan maka akan berdampak langsung dan signifikan terhadap
peningkatan perilaku konsumtif. Selanjutnya secara simultan (secara bersamasama) tingkat kemudahan penggunaan mobile banking berpengaruh signifikan
terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa IAIN Pontianak.