PENGARUH NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIS TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MEGA SYARIAH KANTOR CABANG PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fachrurazi, Fachrurazi
dc.contributor.advisor Sabirin, Sabirin
dc.contributor.author Sadik, Chairul
dc.date.accessioned 2023-07-26T03:24:58Z
dc.date.available 2023-07-26T03:24:58Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3450
dc.description.abstract Menurut Kotler dan Keller menjelaskan bahwa loyalitas sebagai komitmen yang dipegang untuk membeli atau menggunakan kembali produk atau jasa yang disukai di masa yang akan mendatang meskipun ada pengaruh situasional dan tindakan atau upaya pemasaran untuk beralih. Namun pada kenyataannya setelah kebutuhan atau nilai utilitarian terpenuhi ada yang tidak merasa puas karena saat masyarakat tidak hanya mementingkan dari segi kebutuhan saja melainkan keinginan atau nilai hedonis begitu pula sebaliknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Nilai Utilitarian berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Mega Syari’ah?. Apakah Nilai Hedonik secara signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Mega Syari’ah?. Apakah Nilai Utilitarian dan Hedonik berpengaruh bersama-sama terhadap loyalitas nasabah Bank Mega Syari’ah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Mega SyariahKantor Cabang Pontianak. Untuk jumlah sampel yang diperoleh yaitu berjumlah 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden, metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil regresi dilakukan setelah model tidak mengalami gejala-gejala asumsi klasik seperti normalitas, multikoliearitas, dan heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik yaitu uji F (simultan), uji T (parsial), dan koefisien determinasi. Pengujian ini dilakukan menggunakan bantuan Software Statistik SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel nilai utilitarian secara parsial, menunjukkan t hitung 8,344 sedangkan t tabel sebesar 1,984 sehingga t hitung 8,344 > t table 1,984 dan signifikan 0,000 < 0,05, yang artinya variabel nilai utilitarian berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas Nasabah. Variabel nilai hedonis secara parsial, menunjukkan t hitung sebesar 2,654 sedangkan t tabel sebesar 1,984 sehingga t hitung 2,654 > t tabel 1,984 dan signifikan 0,009 < 0,05 yang artinya variabel nilai hedonis berpengaruh positif dan signifikan secara pasial terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan pengujian secara simultan (uji F), terlihat bahwa F hitung 109.868 sedangkan F tabel sebesar 3,09 sehingga F hitung 109.868 > F tabel 3,09 yang artinya variabel nilai utilitarian dan nilai hedonis secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Angka R square sebesar 0,694 menunjukkan bahwa variabel nilai utilitarian dan nilai hedonis mampu menjelaskan loyalitas nasabah sebesar 69,4%. Sedangkan sisanya 30,6% dipengaruhi dan dijelaskan oleh faktor-fator lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Nilai Utilitarian en_US
dc.subject Nilai Hedonis en_US
dc.subject Loyalitas Nasabah en_US
dc.title PENGARUH NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIS TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MEGA SYARIAH KANTOR CABANG PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account