PENGGUNAAN MEDIA VIDEO COMMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI KISAH KETELADANAN NABI MUSA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.author Yanti, Umbar
dc.date.accessioned 2023-07-26T01:05:37Z
dc.date.available 2023-07-26T01:05:37Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3443
dc.description.abstract Penelitian ini adalah untuk menjabarkan mengenai: 1) Prestasi belajar peserta didik sebelum menggunakan media video comment. 2) Penerapan penggunaan media video comment untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. 3) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media video comment kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan empat tahap, yakni: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Pontianak dengan sumber data adalah peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, tes butir soal pilihan ganda. Analisis data sebagai analisis persentase. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Prestasi belajar peserta didik sebelum menggunakan media video comment kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Pontianak hasil belajar pra siklus adalah 26,92% dan pre test pada siklus I adalah 0%, siklus II sebanyak 7,69% dan III terdapat 7,69% siswa yang mencapai nilai tuntas. 2) Penerapan penggunaan media video comment untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Pontianak sesuai dengan langkah-langkah yang ditetapkan dalam RPP seperti: guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam dan do’a, guru mengecek kehadiran siswa, guru memberikan motivasi awal dan mengingatkan kembali pelajaran yang pernah dipelajari sebelumnya, guru menyampaikan tema yang akan dipelajari, guru menyiapkan video yang akan ditayangkan didepan kelas, peserta didik diminta untuk mengamati materi video dengan seksama dan mencatat hal-hal penting yang belum dipahami, guru menjelaskan hal-hal yang belum dipahami, guru meminta membuat kesimpulan materi yang dipelajari, peserta didik diminta untuk menyampaikan hasilkesimpula, guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam. 3) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media video comment kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Pontianak pada siklus I adalah 57,69%, siklus II adalah 69,23% peserta didik dan siklus III adalah 88,46% siswa mencapai nilai tuntas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Video Comment en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.subject Akidah Akhlak en_US
dc.title PENGGUNAAN MEDIA VIDEO COMMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI KISAH KETELADANAN NABI MUSA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account