PERAN GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN BUDAYA DISIPLIN DI SMKN 1 PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author Wulandari, Tri
dc.date.accessioned 2023-07-25T02:50:05Z
dc.date.available 2023-07-25T02:50:05Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3440
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh Peran Guru PAI Dalam Mengimplementasikan Budaya Disiplin dengan sub-sub pembahasan sebagai berikut: Pertama, mendeskripsikan guru PAI di SMKN 1 Pemangkat Kabupaten Sambas berperan dalam mengimplementasikan budaya disiplin; kedua, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru PAI di SMKN 1 Pemangkat dalam mengimplementasikan budaya disiplin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penulis menggunakan deskriptif karena penelitian ini hanya bertujuan untuk menggambarkan atau mendeksripsikan fakta di lapangan secara objektif sesuai kebutuhan penulis secara apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa: observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa: kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Sedangkan teknik keabsahan data berupa trianggulasi, member check, dan perpanjangan waktu penelitian. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa: Pertama, guru PAI di SMKN 1 Pemangkat dalam mengimplementasikan budaya disiplin berperan sebagai pendidik, pengajar, model, pengelola, demonstrator, pembimbing dan pelestari budaya. Dalam hal ini, guru PAI SMKN 1 Pemangkat melakukan pembiasaan, pelatihan, pendekatan dan komunikasi yang baik kepada siswa. Dengan cara membuat kontrak belajar, ceramah umum, membagi waktu serius dan santai, diskusi dan menciptakan suasana belajar islami. Kedua, faktor yang mendukung guru PAI di SMKN 1 Pemangkat dalam mengimplementasikan budaya disiplin ialah kesadaran diri sendiri, peran orangtua, peran aktif guru, dan kerjasama antara kepala sekolah, guru, orangtua dan masyarakat salah satunya dalam kegiatan LDDK (Latihan Dasar Disiplin Klops). Sedangkan faktor yang menghambat ialah kurangnya kesadaran diri sendiri, kurangnya peran orangtua, pergaulan dan lingkungan sekitar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru PAI en_US
dc.subject Mengimplementasikan Budaya Disiplin en_US
dc.title PERAN GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN BUDAYA DISIPLIN DI SMKN 1 PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account