UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS IX B DI MTs MATHLA’UL ANWAR KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.contributor.author Sulastri, Sulastri
dc.date.accessioned 2023-07-25T02:36:27Z
dc.date.available 2023-07-25T02:36:27Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3438
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pelanggaran yang sering dilakukan peserta didik, sehingga guru perlu berupaya untuk mendisiplinkan peserta didik dalam belajar. Hal ini karenakan, dengan adanya kedisiplinan peserta didik dapat mendisiplinkan diri dalam menaati peraturan di Madrasah, sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar dan memudahkan pencapaian tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) upaya guru Akidah Akhlak dalam membina kedisiplinan peserta didik kelas IX B di MTs Mathla‟ul Anwar Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023; (2) Alasan guru Akidah Akhlak dalam membina kedisiplinan peserta didik kelas IX B di MTs Mathla‟ul Anwar Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023; dan (3) Langkah-langkah guru Akidah Akhlak dalam membina kedisiplinan peserta didik kelas IX B di MTs Mathla‟ul Anwar Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan Fenomenalogi dengan jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian tersebut dilaksanakan pada peserta didik kelas IX B di MTs Mathla‟ul Anwar Kota Pontianak. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini untuk pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member check. Hasil penelitian upaya guru Akidah Akhlak dalam membina kedisiplinan peserta didik kelas IX B di MTs Mathla‟ul Anwar menunjukan bahwa: (1) upaya yang dilakukan dalam membina kedisiplinan yaitu Menanamkan ketaqwaan, keteladanan, pembiasaan, pemberian hukum, memberikan nasihat dan motivasi (2) alasan dalam membina kedisiplinan yaitu untuk membentengi pengaruh-pengaruh negatif dalam menegakkan disiplin zaman sekarang; (3) langkah-langkah yang diterapkan guru Akidah Akhlak dalam membina kedisiplinan yaitu dengan melalui mensosialisasikan tata tertib, program madrasah meliputi pembiasaan seperti keikutsertaan hari besar Islam di madrasah, pembiasaan sholat berjamaah tepat waktu, dan masuk kelas 10 menit sebelum kegiatan belajar mengajar serta guru mengabsen peserta didik untuk mengecek keadaan peserta didik dengan cara menanyakan kabar serta mengikuti ekstrakuriler pramuka yang diwajibkan madrasah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Upaya Guru Akidah Akhlak en_US
dc.subject Kedisiplinan en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.title UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS IX B DI MTs MATHLA’UL ANWAR KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account