PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SECARA DARING DAN LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA HIDAYATUL ULUM AL-HASANI DESA RETOK KECAMATAN KUALA MANDOR B KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2021-2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.author Sayamah, Siti
dc.date.accessioned 2023-07-25T02:15:48Z
dc.date.available 2023-07-25T02:15:48Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3436
dc.description.abstract Latar belakang dalam penelitian ini bahwa Pelaksanaan pembelajaran PAI secara daring dan luring pada masa pandemi Covid-19 di SMA Hidayatul Ulum Al-Hasani dilaksanakan melalui media google meet dan whatsapp dengan dua pelaksanan daring dan luring sehingga siswa belajar di rumah dan juga masuk dalam kelas juga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Secara Daring dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Hidayatul Ulum Al-Hasani Desa Retok Kecamatan Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya Tahun Ajaran 2021-2022. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif denagn metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan dengan Alat observasi, wawancara, dan dokumentasi, sumber data penelitian ini ialah dari sumber data sekunder dan primer. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, Penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi teknik keabsahan data adalah data yang digunakan triangulasi data, reduksi data dan member chek. Hasil penelitian data adalah 1) Pelaksanaan pembelajaran PAI secara daring pada masa pandemi Covid-19 di SMA Hidayatul Ulum Al-Hasani dilaksanakan melalui media google meet dan whatsapp. Guru menyampaikan link video pendukung serta materi melalui google meet. Sedangkan whastapp digunakan untuk pemberian dan pengumpulan tugas serta media untuk siswa bertanya terkait materi yang belum dipahami. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI secara luring pada masa pandemi Covid-19 di SMA Hidayatul Ulum Al-Hasani dilaksanakan secara hybrid sesuai dengan kebijakan pemerintah yang hanya memperbolehkan 50% siswa menghadiri pembelajaran tatap muka. Dengan 50% siswa yang menghadiri sudah dapat sedikit memperbaiki pola pembelajaran yang kurang efektif semasa pandemi dengan mulai mengadakan kembali praktikpraktik. Serta, kembalinya peran guru dalam mengontrol aktivitas siswa selama di sekolah guna memastikan para siswa mengimplementasikan nilai-nilai yang diajarkan dalam Pendidikan Agama Islam.3) Hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 di SMA Hidayatul Ulum AlHasani adalah pertama, tidak semua siswa memiliki device dan jaringan stabil. Kedua, kurangnya motivasi belajar akibat dari suasana belajar yang tidak kondusif. Ketiga, waktu belajar yang terlalu singkat. Keempat, guru kurang inovatif dalam mendesign pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pelaksanaan Pembelajaran en_US
dc.subject Covid 19 en_US
dc.subject Luring dan Daring en_US
dc.title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SECARA DARING DAN LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA HIDAYATUL ULUM AL-HASANI DESA RETOK KECAMATAN KUALA MANDOR B KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2021-2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account