PENERAPAN KETERAMPILAN GURU MENGAJAR DALAM MEMBERI PENGUATAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VI B DI SDN 21 PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor A, Rustam
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Rayyana, Salwa
dc.date.accessioned 2023-07-25T01:33:08Z
dc.date.available 2023-07-25T01:33:08Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3431
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan memberi penguatan pada mata pelajaran PAI dan BP yang sudah diterapkan dengan berbagai cara, namun masih terdapat siswa yang pasif, tidak memperhatikan penjelasan guru, mengobrol dengan temannya, dan sering meminta izin keluar kelas. Berdasarkan identifikasi masalah maka penelitian ini difokuskan pada penerapan keterampilan guru mengajar dalam memberi penguatan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas VI B di SDN 21 Pontianak Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang: 1) Penerapan keterampilan guru mengajar dalam memberi penguatan secara verbal pada mata pelajaran PAI dan BP siswa kelas VI B di SDN 21 Pontianak Timur, 2) Penerapan keterampilan guru mengajar dalam memberi penguatan secara non verbal pada mata pelajaran PAI dan BP siswa kelas VI B di SDN 21 Pontianak Timur, dan 3) Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan keterampilan memberi penguatan pada mata pelajaran PAI dan BP siswa kelas VI B di SDN 21 Pontianak Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus masalah. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI dan BP kelas VI B dan 5 siswa kelas VI B di SDN 21 Pontianak Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif model Miles dan Hubarman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan member check. Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan keterampilan guru mengajar dalam memberi penguatan secara verbal telah dilakukan guru PAI dan BP dengan baik melalui penguatan dengan katakata dan kalimat. 2) Penerapan keterampilan guru mengajar dalam memberi penguatan secara non verbal telah dilakukan guru PAI dan BP melalui mimik wajah, gerakan badan, dengan cara mendekati, sentuhan, kegiatan yang menyenangkan, dengan simbol, dan penguatan tak penuh. 3) Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan keterampilan memberi penguatan antara lain terhadap perilaku siswa yang beragam, konsentrasi siswa kurang, dan siswa kurang disiplin. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Keterampilan Guru Mengajar en_US
dc.subject Memberi Penguatan en_US
dc.title PENERAPAN KETERAMPILAN GURU MENGAJAR DALAM MEMBERI PENGUATAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VI B DI SDN 21 PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account