PELAKSANAAN PENILAIAN DIAGNOSTIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONTIANAK SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Sulaiman, Sulaiman
dc.contributor.author Rudiansyah, Rudiansyah
dc.date.accessioned 2023-07-24T02:53:46Z
dc.date.available 2023-07-24T02:53:46Z
dc.date.issued 2023-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3430
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya sejumlah peserta didik yang mengalami kesulitan belajar pada Mata Pelajaran Fiqih. Kesulitan belajar tersebut juga akibat dari kurang pedulinya untuk melaksanakan penilaian diagnostik akhirnya guru melaksanakannya untuk mendeteksi dan mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik. Berdasarkan identifikasi masalah maka penelitian ini berfokus tentang bagaimana pelaksanaan penilaian diagnostik pada mata pelajaran Fiqih di kelas VIII MTsN 1 Pontianak semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan, pengolahan dan pelaporan hasil penilaian diagnostik pada mata pelajaran Fiqih di Kelas VIII MTsN 1 Pontianak Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan fokus penelitian digunakan sumber data 12 peserta didik, 1 guru mata pelajaran Fiqih dan 2 pimpinan sekolah. Teknik pengumpulan data mengunakan studi dokumen, observasi, dan komunikasi langsung. Analisis data menggunakan metode deskriptif pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan Member Check, Triangulasi Sumber, Triangulasi Waktu dan Triangulasi Teknik. Berdasarkan hasil dari analisis data, triangulasi, kondensasi, temuan dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Perencanaan Penilaian Diagnostik guru merumuskan tujuan penilaian, mengkaji materi pengajaran berdasarkan silabus dan RPP, kisi-kisi dibuat menggunakan format sebelumnya, soal dibuat berdasarkan kisi-kisi, membuat kunci jawaban, tapi tidak menganalisis soal. 2) Pelaksanaan Penilaian Diagnostik mempersiapkan ruangan, menyampaikan tata tertib peserta didik harus berdoa, dilarang datang terlambat, mencontek, bekerjasama, duduk berdekatan, membagikan soal beserta lembar jawaban, mengerjakan, memeriksa dan mengumpulkan lembar jawaban. Pimpinan sekolah menjamin pelaksanaan penilaian diagnotik yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran Fiqih bebas dari kemungkinan tindak kecurangan, berjalan efektif bebas dari kecurangan, hasil belajar peserta didik akan mengalami perbaikan, meminimalisir kesulitan belajar dan memperbaiki hasil belajar. Hasil observasi 2 kelas guru lupa mengingatkan beberapa peserta didik melakukan kecurangan. Guru membagikan soal dan lembar jawaban serta mengumpulkan lembar jawaban 3) Pengolahan dan Pelaporan Hasil Penilaian Diagnostik sudah melakukan penskoran dengan baik dan pelaporan hasil penilaian dilaporkan kepada peserta didik dan wali kelas dan diberikan berbagai macam motivasi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Perencanaan en_US
dc.subject Pelaksanaan en_US
dc.subject Pengolahan en_US
dc.subject Pelaporan Hasil Penilaian Diagnostik en_US
dc.title PELAKSANAAN PENILAIAN DIAGNOSTIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONTIANAK SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account