EVALUASI PEMBELAJARAN PAI YANG DILAKSANAKAN SECARA DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP 02 TELUK BATANG KABUPATEN KAYONG UTARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author Rosida, Rosida
dc.date.accessioned 2023-07-24T02:47:10Z
dc.date.available 2023-07-24T02:47:10Z
dc.date.issued 2023-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3429
dc.description.abstract Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran PAI yang dilaksanakan secara daring di kelas VIII SMPN 02 Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara Tahun Pelajaran 2021/2022. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi dan mendeskripsikan: 1) Konteks (context) pembelajaran daring, 2) Masukan (input) pembelajaran daring, 3) Proses pembelajaran daring, dan 4) Keluaran (output) pembelajaran daring di SMPN 02 Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian evaluasi yang menggunakan model CIPP. Peneliti memilih setting penelitian yaitu di Desa Masbagun Kabupaten Kayong Utara dimana wawancara dengan peserta didik dilaksanakan di rumah peserta didik pada saat setelah shalat isya, sedangkan wawancara dengan Kepala Sekolah dan Guru PAI dilaksanakan di SMP Negeri 02 pada saat jam istirahat. Subjek penelitian ini yaitu, Kepala Sekolah, 1 orang Guru PAI dan 9 orang Peserta didik kelas VIII SMPN 02 Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara. Data dikumpulan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan alat berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, mechanical/digital device berupa fotokopi dan kamera handphone. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan mengguakan teknik analisis dari Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, display data, dan verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data peneliti melakukan membercheck, triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil dari analisis data, temuan dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Aspek Konteks (Context) kondisi sekolah sudah cukup memadai termasuk untuk melaksaakan pembelajaran daring karena adanya Pandemi COVID-19 dengan berbagai konsekuensinya. 2) Aspek Masukan (Input) sudah terpenuhi dengan baik, hanya mengalami sedikit kendala dalam mengikuti pembelajaran terutama berhubungan dengan penguasaan teknologi penunjang pembelajaran daring. 3) Aspek proses (Process) terlihat masih belum efektif, diperlukan perbaikan dengan penambahan variasi dalam metode pembelajaran. 4) Aspek Produk (Product) terpenuhi dengan cukup baik, hal ini terlihat dari minat belajar peserta didik yang tetap tinggi dan nilai ulangan harian peserta didik kelas VIII A dan VIII B tidak ada yang di bawah KKM. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Evaluasi en_US
dc.subject Pembelajaran Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Daring en_US
dc.title EVALUASI PEMBELAJARAN PAI YANG DILAKSANAKAN SECARA DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP 02 TELUK BATANG KABUPATEN KAYONG UTARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account