Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kenakalan
siswa, faktor-faktor yang menyebabkan kenakalan siswa dan usaha guru
pendidikan agama Islam dalam menanggulangi kenakalan siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif.
Pengummpulannya menggunakan cara observasi, wawancara serta
dokumentasi. Sedangkan analisis data digunakan content analysis yang
meliputi pengumpulan data, pengurangan data, tampilan data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang berlokasi di MTs Sirajul Ulum
Pontianak tentang Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Menanggulangi Kenakalan Siswa, dapat disimpulkan bahwa ada dua kata gori,
yaitu bersifat ringan dan bersifat berat.
yang berbentuk berat, yaitu: Merokok, berkelahi dan pacarana.
1. Bentuk kenakalan siswa di MTs Sirajul Ulum Pontianak tahun pelajaran
2022. yang berbentuk ringan, yaitu: Membolos, mengganggu teman,
berkata kasar dan kotor, terlambat, tidak mengerjakan tugas, kurangnya
menjaga kerapian dan tidur saat pembelajaran. Bentuk kenakalan siswa di
MTs Sirajul Ulum Pontianak Tahun Pelajaran 2022 yang berbentuk berat,
yaitu: Merokok, berkelahi dan pacarana.
2. Faktor-faktor yang menyebabkan kenakalan siswa di MTs Sirajul Ulum
Pontianak tahun pelajaran 2022 terdapat dua faktor, yaitu: Internal, Mencari
jati diri dan control diri yang lemah. Eksternal, faktor dari teman diluar,
faktor keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat.
3. Usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam menanngulangi kenakalan
siswa di MTs Sirajul Ulum Pontianak tahun pelajaran 2022 telah dilakukan
seperti usaha secara preventif yaitu nasehat, refresive yaitu peringatan atau
hukuman, kuratif yaitu pembinaan.