PENGARUH PENGGUNAAN METODE WAHDAH PADA KEGIATAN TAHFIDZ TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VIII PUTRI MTS MATHLA’UL ANWAR KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author Meriyani, Meriyani
dc.date.accessioned 2023-07-21T03:05:25Z
dc.date.available 2023-07-21T03:05:25Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3418
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah berupa penempatan hukum bacaan tajwid yang sering keliru, pelafalan huruf hijaiyah yang kurang fasih, hafalan tidak lancar dan irama yang datar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penggunaan metode wahdah pada pelaksanaan kegiatan tahfidz di kelas VIII putri MTs Mathla’ul Anwar Kota Pontianak; 2) memaparkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik kelas VIII putri MTs Mathla’ul Anwar kota Pontianak; 3) menghitung signifikansi dari penggunaan metode wahdah pada kegiatan tahfidz terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik kelas VIII putri MTs Mathla’ul Anwar kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain pre test – post test control group. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes (unjuk kemampuan), dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Independent Sample t Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) penggunaan metode wahdah pada peserta didik kelas VIII putri MTs Mathla’ul Anwar kota Pontianak terlaksana dengan kriteria penilaian sangat tinggi; 2) Hasil tes kemampuan menghafal Al-Qur’an pada peserta didik kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 62.52 dan post test 74.26 sedangkan kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata pre test 65.97 dan post test 70.59. Jadi peningkatan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan kelompok kontrol dengan selisih 6.08; 3) berdasarkan hasil uji Independent sample t Test diperolehlah nilai signifikansi (2-tailed) 0.098 > 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode wahdah pada kegiatan Tahfidz terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik kelas VIII putri di MTs Mathla’ul Anwar Kota Pontianak. Hasil dari penelitian lanjutan menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi peserta didik sulit dalam menghafal Al-Qur’an ialah malas melakukan sima’an, susah dalam menjaga hafalan, durasi waktu menghafal yang singkat, dan target/batas akhir menghafal masih lama. Selain itu adapun faktor eksternal yang mempengaruhi peserta didik sulit dalam menghafal Al-Qur’an ialah terlalu berambisi agar cepat pindah hafalan dan jadwal kegiatan mereka yang padat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Wahdah en_US
dc.subject Kemampuan Menghafal Al-Qur’an en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE WAHDAH PADA KEGIATAN TAHFIDZ TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VIII PUTRI MTS MATHLA’UL ANWAR KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account