ANALISIS KESESUAIAN MATERI PELAJARAN FIKIH DENGAN METODE PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author Maryani, Maryani
dc.date.accessioned 2023-07-21T02:43:45Z
dc.date.available 2023-07-21T02:43:45Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3415
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh gejala awal yang ditemui peneliti pada saat pra penelitian, yang mana metode yang digunakan oleh guru kurang sesuai dengan materi yang dijelaskan. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Metode apa saja yang digunakan guru pada materi pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak. 2) Kesesuaian metode yang digunakan guru pada materi pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer yaitu guru mata pelajaran Fikih kelas VII, VIII, dan IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak dan data sekunder berupa catatan sejarah, laporan, atau data dokumenter. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara semi terstruktur, pedoman observasi, dan daftar dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahap akhir yang dilakukan adalah teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan member check. Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut: 1) Metode yang digunakan oleh guru kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak pada materi Shalat Jum’at, Hikmah Pelaksanaan Shalat Jum’at dan Shalat Jama’ yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas. Adapun metode yang digunakan oleh guru mata pelajaran fikih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak pada materi Sedekah, Hibah, dan Hadiah yaitu ceramah, diskusi, dan demonstrasi. Dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran fikih kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak pada materi Gadai, Hiwalah, dan Ijarah yaitu ceramah, diskusi, dan tanya jawab. 2) Jika dilihat dari sudut pandang Student Center atau yang lebih berpusat kepada peserta didik, dengan metode yang digunakan oleh guru berupa diskusi, penugasan, demonstrasi, dan tanya jawab maka penggunaan metode tersebut telah sesuai. Begitu pula dengan sudut pandang Teacher Center atau yang lebih berpusat kepada guru, mengenai metode yang digunakan oleh guru memang tidak bervariasi. Namun, jika dilihat kembali dari jenis dan isi materi metode yang digunakan berupa ceramah tersebut telah sesuai. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kesesuaian Materi Pelajaran Fikih en_US
dc.subject Metode Pembelajaran en_US
dc.title ANALISIS KESESUAIAN MATERI PELAJARAN FIKIH DENGAN METODE PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account