PENERAPAN METODE MURAJA’AH DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH ASSA’ADAH SEPINGGAN KECAMATAN SEMPARUK KABUPATEN SAMBAS

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.author Hamzah, Hamzah
dc.date.accessioned 2023-07-20T00:55:05Z
dc.date.available 2023-07-20T00:55:05Z
dc.date.issued 2023-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3407
dc.description.abstract Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah ingin mendeskripsikan: 1) Persiapan menghafal al-Qur’an dengan metode muraja’ah di Madrasah Diniyah Assa’adah Sepinggan; 2) Pelaksanaan menghafal al-Qur’an dengan metode muraja’ah di Madrasah Diniyah Assa’adah Sepinggan; 3) Evaluasi menghafal al-Qur’an dengan metode muraja’ah di Madrasah Diniyah Assa’adah Sepinggan; 4) Kendala menghafal al-Qur’an dengan metode muraja’ah di Madrasah Diniyah Assa’adah Sepinggan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian riset lapangan (field research) pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah santri dan ustadz Madrasah Diniyah Assa’adah Sepinggan dan Objek penelitiannya adalah metode Muraja’ah. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, kuisoner dan dokumentasi. Proses analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ vertifikasi. Dalam pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik kredibilitas (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability) dan kepastian (konfirmabilitas). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Persiapan metode muraja’ah yaitu santri menutup aurat dan suci dari hadas kecil maupun besar, mendapatkan jenis mushaf 5 warna per halaman, diarahkan mengambil tempat masing-masing perempuan sebelah kanan ustadz dan laki-laki sebelah kiri ustadz; 2) Pelaksanaan metode muraja’ah yaitu santri diarahkan menghafal ayat tertentu menggunakan metode muraja’ah menggunakan mushaf berwarna yang terdapat 3 sampai 5 blok warna, ustadz mengawasi santri pada saat menghafal al-Qur’an, saat pengoreksian ustadz memerintahkan santri maju kedepan, ustadz memberitahu kesalahan yang lafadzkan santri; 3) Evaluasi metode muraja’ah yaitu dapat dilihat dari hasil pengoreksian membaca atau melafadzkan huruf dengan benar serta mangetahui nama surah, golongan surah, asbabul nuzul, jumlah ayat, dan urutan surah di dalam al-Qur’an; 4) Kendala penerapan metode muraja’ah adalah kurangnya pengawasan ustadz yang hanya 1 orang dengan jumlah santri 40 orang sehingga saat santri menghafal menyebababkab santri malas, sering bermain HP dan lemah semangat serta pada saat pengoreksian ada santri yang ngantuk dan berbicara dengan temannya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Muraja’ah en_US
dc.subject Menghafal al-Qur’an en_US
dc.title PENERAPAN METODE MURAJA’AH DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH ASSA’ADAH SEPINGGAN KECAMATAN SEMPARUK KABUPATEN SAMBAS en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account