PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 09 PONTIANAK TENGGARA TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Sukmawati, Dewi
dc.date.accessioned 2023-07-18T02:07:54Z
dc.date.available 2023-07-18T02:07:54Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3405
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapat beberapa peserta didik yang menunjukkan perilaku kurang baik, seperti kurang disiplin dalam mengerjakan tugas, terlambat datang kesekolah, tidak masuk sekolah tanpa keterangan. Kurang mandiri sehingga orang tua harus mengantarkan anaknya hingga ke dalam kelas. Kurang memilki karakter religius sehingga berkata kasar dengan teman dan berbicara kurang sopan terhadap guru saat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai penguatan pendidikan karakter yang diterapkan guru PAI dalam proses pembelajaran dan bagaimana pelaksanaan nilai penguatan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran, serta faktor penghambat dalam penguatan pendidikan karakter pada peserta didik di SDN 09 Pontianak Tenggara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yang bersifat deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan peran guru PAI dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di SDN 09 Pontianak Tenggara. Sumber data primer dari penelitian ini adalah guru PAI dan Kepala sekolah. Sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu : 1) Nilai penguatan pendidikan karakter yang diterapkan guru PAI dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN 09 Pontianak Tenggara yaitu nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. 2) Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter yang dilakukan guru PAI dalam proses pembelajaran yaitu dilakukan dengan menerapkan lima nilai utama dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup pembelajaran. Peran guru dalam melaksanakan pendidikan karakter meliputi keteladanan, inspirator, motivator, dinamisator, dan evaluator 3) Faktor penghambat dalam penguatan pendidikan karakter yaitu faktor internal, meliputi faktor kecerdasan, emosi, moral dan perasaan, dan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Penguatan Pendidikan Karakter en_US
dc.title PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 09 PONTIANAK TENGGARA TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account