KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDN 06 RANTAU PANJANG KABUPATEN KAYONG UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma’ruf, Ma’ruf
dc.contributor.advisor Arifudin, Arifudin
dc.contributor.author Ariansyah, Ariansyah
dc.date.accessioned 2023-07-18T01:20:44Z
dc.date.available 2023-07-18T01:20:44Z
dc.date.issued 2023-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3401
dc.description.abstract Kerjasama orang tua dan guru PAI penting dilakukan agar terbangun persepsi yang sama antara sekolah dan orang tua dalam mendukung proses pembelajaran yang akan diberikan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) kesepakatan kerjasama orang tua dan guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 06 Rantau Panjang Kabupaten Kayong Utara. 2) bentuk-bentuk kerjasama orang tua dan guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 06 Rantau Panjang Kabupaten Kayong Utara. 3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dihasilkan dari kerjasama orang tua dan guru PAI di SDN 06 Rantau Panjang Kabupaten Kayong Utara. Pendekatan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data yang dikumpulkan, dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi dan member chek. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Kesepakatan kerjasama orang tua dan guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 06 Rantau Panjang Kabupaten Kayong Utara. Kesepakatan kerjasama antara guru dan orang tua itu penting sekali karena kita punya satu tujuan yang sama yaitu mendidik dan memberikan yang terbaik demi masa depan anak. Komunikasi antara guru dan orang tua secara teratur menjadikan anak terpantau oleh kedua belah pihak. 2) Bentuk-bentuk kerjasama orang tua dan guru PAI ialah komunikasi dan Keterlibatan orang tua pada pembelajaran anak dirumah sehingga guru dan orang tua memaksimalkan proses pembelajaran di sekolah maupun dirumah. 3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dari kerjasama orang tua dan guru PAI di SDN 06 Rantau Panjang. Hasil belajar merupakan realisasi atau kapasitas yang dimiliki siswa. Penguasaan dapat dilihat dari prilakunya, baik prilaku dalam bentuk penguasaan pengetahuan, keterampilan berfikir. Dapat mengetahui ukuran siswa seberapa jauh menguasai bahan yang diajarkan. Sehingga dicapai oleh siswa dalam usaha menguasai kecakapan jasmani dan rohani di sekolah yang di wujudkan dalam bentuk raport pada setiap semester. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kerjasama en_US
dc.subject Orang Tua en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDN 06 RANTAU PANJANG KABUPATEN KAYONG UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account