KEMAMPUAN SISWA KELAS IV DALAM MEMBACA HUKUM BACAAN IZDHAR DAN IKHFA MATA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI MIFTAHUL ULUM BATU LAYANG KEC. PONTIANAK UTARATAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Ahmad, Ahmad
dc.date.accessioned 2023-07-17T07:02:47Z
dc.date.available 2023-07-17T07:02:47Z
dc.date.issued 2023-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3396
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan peneliti selama peneliti melakukan PPL di MI Miftahul Ulum Batu Layang, yang mana siswa kelas IV masih kurang pandai saat mempraktekan bunyi bacaan hukum Idzhar dan Ikhfa’ yang diberikan oleh guru Al-Qur’an Hadits dalam proses pembelajaran materi Idzhar dan Ikhfa”. Skripsi ini membahas tentang kemampuan siswa kelas IV dalam membaca hukum bacaan Idzhar dan Ikhfa” di MI Miftahul Ulum Batu Layang. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan dan kesulitan siswa kelas IV dalam membaca hukum bacaan Idzhar dan Ikhfa’ di MI Miftahul Ulum Batu Layan? bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan siswa kelas IV membaca hukum bacaan Idzhar dan Ikhfa” di MI Miftahul Ulum Batu Layang? Dalam penelitian ini, metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti bermaksud untuk mendeskripsikan, atau memaparkan bagaimana kemampuan siswa kelas IV dalam membaca hukum bacaan Idzhar dan Ikhfa”. Alat pengumpulan data, peneliti menggunakan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, tes lisan, dan dokumentasi.Hasil penilitian ini menyimpilkan bahawa siswa kelas IV lebih banyak sudah bisa membaca hukum Idzhar dan Ikhfa’ berjumlah 29 siswa dari jumlah keseluruhan sebenarnya 34 siswa. jumlah siswa 29 tersebut mendapatkan nilai keseluruhan 2.605 dan dengan nilai rata-rata 89. Tentuunya kemampuan yang dimiliki siswa kelas IV ragam variasi dari jumlah siswa 29 terdapat 21 siswa mendapatkan kategori nilai cukup, sedangkan 8 siswa mendapatkan kategori sangat baik. Sedangkan siswa kelas IV yang mengalami kesulitan dalam membaca hukum bacaan Idzhar dan Ikhfa’ lebih sedikit berjumlah 5 orang siswa dari keseluruhan siswa 34 orang. Mereka tidak men capai nilai diharapkan dari tes lisan tersebut nilai paling terendah didapati oleh siswa yang mengalami kesulitan 33 dan dengan skor peneilaian terendah 10%. Dan sedangkan upaya yang diberikan guru Al-Qur’an Hadits mewajibkan siswa menghafal susrah-surah pendek sebelum pembelajaran dimulai, memakai beberapa metode dalam pembelajaran seperti ceramah, Tanya jawab, diskusi dan penugasan, juga memberikan pekerjaan rumah PR dan motivasi diakahir pembelajaran, serta kendala yang di hadapi guru Al-Qur’an Hadits yaitu: fasilitas sekolah yang kurang memadai. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject kemampuan siswa membaca hukum bacaan Idzhar dan Ikhfa en_US
dc.title KEMAMPUAN SISWA KELAS IV DALAM MEMBACA HUKUM BACAAN IZDHAR DAN IKHFA MATA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI MIFTAHUL ULUM BATU LAYANG KEC. PONTIANAK UTARATAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account