UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-MADANI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author Mulyadi, Abdul
dc.date.accessioned 2023-07-17T06:18:22Z
dc.date.available 2023-07-17T06:18:22Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3393
dc.description.abstract Proses pembelajaran merupakan langkah-langkah pelaksanaan yang didalamnya terdapat kegiatan interaksi antara guru dan siswa dalam komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar, namun kenyataanya masih terdapat langkahlangkah pelaksanaan pembelajaran yang tidak sesuai dengan Permendiknas No 41 tahun 2007. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Guru PAI mengelola RPP sesuai standar proses pembelajaran; 2) Guru PAI melaksanakan pembelajaran pendidikan agama Islam; 3) Guru PAI melakukan evaluasi pembelajaran. Untuk menjawab tujuan tersebut digunakan metode deskriptif, pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer yaitu guru PAI serta sumber data sekunder adalah observasi dan dokumentasi sekolah. Dengan proses kerjanya, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, yang dipaparkan secara deskriptif, sistematis dan faktual. Berdasarkan pada hasil analisis, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) pengelolaan RPP yang dilakukan oleh guru PAI di SMK AlMadani Pontianak masih belum sesuai dengan standar proses pembelajaran. Guru PAI hanya membuat RPP yang sesuai dengan karakteristik sekolah dan kurang memperhatikan prosedur yang ada di dalam Permendiknas; 2) Guru PAI melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dirancang dan mengikuti peraturan dari sekolah, seperti pada kegiatan awal guru PAI tidak menyampaikan appersepsi dan tujuan pembelajaran, kemudian pada kegiatan inti guru tidak menerapkan kegiatan 5M (Mengamati, menanya, menalar, mengasosiasi, dan mengkomunikasi); 3) Guru PAI melakukan evaluasi pembelajaran dengan baik dengan memberikan soal dalam bentuk essay kepada siswa yang bersumber dari buku paket atau soal dari RPP. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Upaya Guru en_US
dc.subject Mutu en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-MADANI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account