MANAJEMEN PELAYANAN JAMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SINTANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wardi, Suhra
dc.contributor.advisor Hanifah, Sitti
dc.contributor.author Alfarizi, Muhammad Irza
dc.date.accessioned 2023-07-14T01:57:37Z
dc.date.available 2023-07-14T01:57:37Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3387
dc.description.abstract Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa pelayanan haji bukanlah suatu pekerjaan yang mudah karena tidak hanya menyangkut masalah teknis, tetapi juga mencakup berbagai masalah yang rumit dan kompleks. Dalam rangka melayani calon jamaah haji, diperlukan manajemen untuk mengatur dan mengontrol proses pelayanan, hal ini agar kegiatan pelayanan berjalan lancar dan tepat sasaran sehingga dapat memuaskan bagi calon jamaah haji yang dilayani. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan manajemen. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pelayanan jamaah haji yang diterapkan di Kementerian Agama Kabupaten Sintang meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan sudah sesuai Standar Operasional Prosedur Pelayanan Ibadah Haji, meliputi pendaftaran, pelunasan serta pembatalan,perlengkapan dokumen haji, bimbingan manasik haji, pelayanan kesehatan, pemberangkatan hingga pemulangan. Adapun kelebihanannya yaitu (1) ketersediaan sarana dan prasarana (2) ketersediaan dana yang memadai (3) adanya koordinasi dan kerjasama yang baik antar instansi terkait, (4) sifat yang ramah dari para staf yang melayani para calon jamaah (5) adanya tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Sedangkan kekurangannya adalah (1) ada beberapa jamaah haji lanjut usia kurang memahami proses bimbingan haji karena faktor lanjut usia (2) ketidak samaan identitas diri jamaah antara dokumen pendukung dengan dokumen utama jamaah haji (3) kurangnya staf tetap dalam pelayanan calon jamaah haji (4) tidak adanya kantor imigrasi di Kabupaten Sintang (5) jaringan internet yang terkadang bermasalah (6) tidak terdapat kotak saran pelayanan. Implikasi penelitian ini yaitu, 1) Meningkatkan dan memerbaiki pelayanan tulisan berupa alur pelayanan, persyaratan pendaftaran dan prosedur pelayanan, 2) membuat kotak saran sebagai sarana bagi calon jamaah haji maupun pihak lain dalam menyampaikan pendapat atas pelayanan yang diberikan, 3) membuat website blog guna sebagai sumber informasi bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Sintang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Manajemen en_US
dc.subject Pelayanan Jamaah Haji en_US
dc.title MANAJEMEN PELAYANAN JAMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SINTANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account