Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam
menerjemah kata, kelompok kata, dan kalimat berbahasa Inggris. Selain itu, untuk
mengetahui efektivitas penggunaan penilaian berbasis portofolio dalam meningkatkan
kemampuan menerjemah mahasiswa untuk mata kuliah Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri (STAIN) Pontianak.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian berjumlah 99 mahasiswa. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan komunikasi langsung (wawancara).
Data yang didapat dianalisis, untuk data kuantitatif menggunakan formula-formula statistika
dasar, sedangkan untuk kualitatif akan menggunakan model interaktif dari Miles &
Huberman.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menerjemah
kata termasuk dalam kategori tinggi. Kemampuan mahasiswa dalam menerjemah kelompok
kata tergolong sangat rendah. Secara keseluruhan, penggunaan strategi penilaian portofolio
dikategorikan sangat tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam
menerjemah teks berbahasa Inggris.