Abstract:
Secara umum, tujuan diadakannya penelitian ini adalah mengetahui peningkatan
pemahaman mahasiswa dalam membaca teks berbahasa Inggris dengan menggunakan
strategi SQ4R. secara spesifik, tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemahaman
mahasiswa dalam membaca teks berbahasa Inggris setelah diajar dengan menggunakan
strategi SQ4R pada siklus 1, mengetahui pemahaman mahasiswa dalam membaca teks
berbahasa Inggris setelah diajar dengan menggunakan strategi SQ4R pada siklus 2,
mengetahui pemahaman mahasiswa dalam membaca teks berbahasa Inggris setelah diajar
dengan menggunakan strategi SQ4R pada siklus 3, dan mengetahui peningkatan pemahaman
mahasiswa dalam membaca teks berbahasa Inggris setelah diajar dengan SQ4R pada siklus 1,
siklus 2, dan siklus 3.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 188 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan teknik pengukuran dengan alat pengumpul data berupa tes tertulis. Data yang
didapat dianalisis, dengan menggunakan persentil.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman bacaan berbahasa Inggris
mahasiswa setelah diterapkannya strategi SQ4R pada siklus 1 termasuk dalam kategori
rendah. Pemahaman bacaan berbahasa Inggris mahasiswa setelah diterapkannya strategi
SQ4R pada siklus 2 termasuk dalam kategori tinggi. Pemahaman bacaan berbahasa Inggris
mahasiswa setelah diterapkannya strategi SQ4R pada siklus 3 termasuk dalam kategori tinggi.
Peningkatan pemahaman mahasiswa dalam membaca teks berbahasa Inggris setelah
diterapkannya SQ4R pada siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 termasuk kategori tinggi.