Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa
program studi Pendidikan Bahasa Arab dalam berbicara Bahasa Inggris sebelum dan
sesudah diaplikasikannya Question-Answer Relationship (QAR) Technique di
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pontianak.
Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental dengan menggunakan
pendekatan koantitatif. Subjek penelitian berjumlah 32 mahasiswa. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan Teknik pengukuran dengan alat pengumpul
data berupa tes perbuatan. Data yang didapat dianalisis, dengan menggunakan
bantuan computer dengan program NCSS (Number Cruncher Statistical System)
2005.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa PBA dalam
berbicara bahasa Inggris sebelum diaplikasikannya teknik QAR termasuk dalam
kategori sangat kurang. Kemampuan mahasiswa PBA dalam berbicara bahasa
Inggris setelah diaplikasikannya teknik QAR tergolong sangat baik. Secara
keseluruhan berdasarkan analisis statistik membuktikan bahwa terdapat perbedaan
yang sangat signifikan kemampuan mahasiswa PBA dalam berbicara bahasa Inggris
sesudah diaplikasikannya teknik QAR.