Abstract:
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah untuk
mendapatkan dan mendeskripsikan data tentang implementasi pengaturan kelas peserta
didik pada pembelajaran akidah akhlak di MAN 1 Sanggau Tahun Pelajaran 2022/2023
dan implementasi pengaturan fasilitas pada pembelajaran akidah akhlak di MAN 1
Sanggau Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus. Adapun objek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di Madrasah
Aliyah Negeri 1 Sanggau, alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui kondensasi data,
penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Terakhir data di cek dengan
keabsahan datanya dengan menggunakan triagulasi dan member check.
Berdasarkan hasil penelitian peneliti dapat disimpulkan bahwa Implementasi
Manajemen Kelas Oleh Guru Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah
Negeri 1 Sanggau Tahun Pelajaran 2022/2023 sudah berjalan dengan baik. Adapun
pelaksanaan manajemen kelas yang dilakukan yaitu: (1) Adanya implementasi
pengaturan peserta didik di dalam kelas yang berjalan dengan baik yaitu pembentukan
organisasi peserta didik, pengelompokan peserta didik, penugasan peserta didik,
pembimbingan peserta didik, pembinaan hubungan baik, kedisiplinan peserta didik; (2)
Adanya pengaturan fasilitas peserta didik yang meliputi, pengaturan tempat duduk,
pengaturan alat-alat pembelajaran, penataan keindahan dan kebersihan kelas,
pengaturan pencahayaan sudah terimlementasi dengan baik, hanya saja untuk
perpustakaan kelas itu belum terealisasi, untuk fasilitas yang lain-lain sudah terealisasi
dengan baik.