STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 2 KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.author Sari, Nur Ardilah
dc.date.accessioned 2023-06-19T01:05:50Z
dc.date.available 2023-06-19T01:05:50Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3201
dc.description.abstract Peneliti ingin mengungkap strategi guru al-Qur’an Hadis dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an peserta didik di kelas IV. Dengan adanya strategi guru al-Qur’an Hadis dalam kegiatan pembelajaran yang ada dikelas akan membantu peserta didik yang masih mengalami kesulitan dalam membaca al-Qur’an agar lebih baik di MIN 2 Kubu Raya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan membaca al-Qur’an pada peserta didik kelas IV di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2021/2022; 2) Strategi guru al-Qur’an hadis dalam mengatasi kesulitan membaca alQur’an pada peserta didik kelas IV di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2021/2022; 3) faktor pendukung dan penghambat guru al-Qur’an hadis dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an pada peserta didik kelas IV di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2021/2022. Untuk menjawab tujuan tersebut digunakan metode deskriptif. Pendekatan kualitatif dengan desain penelitian lapangan (field research). Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer yaitu guru al-Qur’an Hadis serta data sekunder adalah observasi dan dokumentasi di sekolah MIN 2 Kubu Raya. Dengan proses kerjanya, data dikumpulkan melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, yang dipaparkan secara deskriptif, sistematis dan faktual. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Kemampuan membaca al-Qur’an pada peserta didik kelas IV di MIN 2 Kubu raya memiliki kemampuan yang berbedabeda dalam membaca al-Qur’an. Terdapat 11 dari 36 peserta didik yang yang belum mampu atau masih kesulitan dalam membaca al-Qur’an, selebihnya sudah mampu dalam membaca al-Qur’an. 2) Langkah-lngkah strategi guru al-Qur’an hadis dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an pada peserta didik kelas IV di MIN 2 Kubu Raya yaitu guru menerapkan strategi klasikal baca simak, menggunakan metode jibril dan qiro’ati. 3) Faktor pendukung strategi guru al-Qur’an hadis dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an yaitu terdapat pada minat peserta didik dan faktor dari orang tua. Untuk faktor penghambatnya yaitu kondisi fisik peserta didik dan keterbatasan waktu. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject kesulitan membaca al-Qur’an en_US
dc.subject membaca al-Qur’an en_US
dc.title STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 2 KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account