Abstract:
Pembelajaran video comment ini menghendaki terjadinya belajar
berkomunikasi, berkolaborasi, melakukan kritik sosial terhadap pergaulan
remaja, dan kreativ. Terutama kritik sehingga dengan terjadinya diskusi itu
peserta didik saling mengkritisi pergaulan remaja saat ini yang dianggap
kurang baik dan peserta didik berdiskusi untuk menemukan apa saja atau
bagaimana cara bergaul dengan baik.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat
deskriptif. Teknik dan alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) perencanakan penggunaan video
comment pada materi Akhlak Pergaulan Remaja terdiri dari: a)
merencanakan isi pokok bahasan b) pengumpulan dan penyaringan data
tentang peserta didik c) penentuan cara pendekatan metode dan teknik
mengajar d) pengelompokan siswa e) penyediaan waktu f) pengaturan
ruangan g) pemilihan media h) evaluasi i) analisis umpan balik. 2)
penggunakan video comment pada materi Akhlak Pergaulan Remaja
meliputi dua yaitu: a) menggunakan video comment pada materi Akhlak
Pergaulan Remaja terdiri dari isi pokok bahasan, pengumpulan dan
penyaringan data tentang peserta didik, penentuan cara pendekatan metode
dan teknik mengajar, pengelompokan siswa, penyediaan waktu, pengaturan
ruangan, pemilihan media, evaluasi, dan analisis umpan balik. b)
menggunakan langkah-langkah video comment pada materi Akhlak
Pergaulan Remaja terdiri dari memilih tayangan video yang sesuai dengan
materi pelajaran, melihat dengan seksama apa yang ada dalam tayangan
video pembelajaran, memutar video pembelajaran, dan meminta komentar
siswa melalui diskusi kecil/analisis masing-masing siswa. 3) faktor
penghambat dalam penggunaan video comment pada materi Akhlak
Pergaulan Remaja terdiri dari: a) faktor internal b) faktor eksternal.