PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VIII DI MTs.TI AL-MADANI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.author Afriliyana, Hesty
dc.date.accessioned 2023-06-16T01:11:25Z
dc.date.available 2023-06-16T01:11:25Z
dc.date.issued 2022-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3189
dc.description.abstract Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: pertama, bagaimana guru PAI melakukan perannya di kelas VIII di MTs.TI Al-Madani Pontianak dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab?; kedua, apa saja metode yang digunakan dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab kelas VIII MTs.TI Al-Madani Pontianak; dan ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas VIII Mts.TI Al-Madani Pontianak?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik dan alat pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah teknik pengamatan langsung, teknik komunikasi langsung, dan dokumentasi. Teknik analisa yang peneiliti gunakan ialah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang peneliti gunakan ialah triangulasi dan member chcek. Hasil penelitian menyimpulkan tiga hal berdasarkan rumusan masalah. Pertama, guru PAI MTs.TI Al-Madani Pontianak sudah menerapakan 5 peran guru yaitu sebagai demonstrator, sebagai pengelola kelas, sebagai fasilitator, sebagai motivator, dan sebagai evaluator. Kelima peran bertujuan untuk membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa dengan cara memberikan contoh yang baik, menciptakan lingkungan yang kondusif, melatih interaksi siswa, memberi dorongan kepada siswa, diskusi bersama guru dalam mengetahui karakter siswa dan mengevaluasi yang bertujuan agar siswa melakukan perubahan yang lebih baik lagi. Cara yang dilakukan guru PAI untuk membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa ketika pembelajaran di kelas maupun diluar kelas. Kedua, ada beberapa metode dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa yaitu metode keteladan, metode pembiasaan, metode berkisah, metode nasehat, dan metode hukuman. Metode ini digunakan guru PAI MTs.TI Al-Madani pontianak dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa. Ketiga, adapun faktor pendukung di antaranya adalah guru, sarana prasarana, dan teman sebaya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah orang tua dan lingkungan. Semua faktor tersebut menjadi pendukung jika memberi pengaruh dan arahan positif bagi siswa sesuai dengan tugasnya masing-masing. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Pembentukan Karakter en_US
dc.subject Karakter Disiplin en_US
dc.subject Karakter Tanggung Jawab en_US
dc.title PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VIII DI MTs.TI AL-MADANI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account