KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGELOLAAN PROGRAM BELAJAR MENGAJAR DI MTSN 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Hidayat, Moh. Yusuf
dc.contributor.author Haliza, Haliza
dc.date.accessioned 2023-06-15T07:31:23Z
dc.date.available 2023-06-15T07:31:23Z
dc.date.issued 2022-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3186
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan bagi guru rumpun Pendidikan Agama Islam untuk melakukan tugasnya secara profesional dan memiliki kompetensi profesional dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Kompetensi Profesional Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Program Belajar Mengajar Di MTsN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan: 1) Kompetensi profesional guru rumpun Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan program belajar mengajar di MTsN 2 Pontianak, 2) Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru rumpun Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan program belajar mengajar di MTsN 2 Pontianak, serta 3) Faktor pendukung dan penghambat kompetensi profesional guru rumpun Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan program belajar mengajar di MTsN 2 Pontianak. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi lapangan (field reseach). Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder, yaitu: Sumber data primer adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru rumpun Pendidikan Agama Islam (guru mata pelajaran Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, Al-Qur’an Hadits, dan Akidah Akhlak) dan sumber data sekunder Kepala Tata Usaha MTsN 2 Pontianak. Teknik pengupulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display data), kesimpulan (verifikasi). Teknik analisis data yang digunakan adalah kecukupan referensi, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Kompetensi profesional dalam pengelolaan program belajar mengajar seperti kemampuan menguasai materi, konsep, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan, kemampuan menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran, kemampuan memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, kemampuan mengenal dan menggunakan metode dan strategi dalam mengajar, kemampuan memilih dan menyusun prosedur pembelajaran, kemampuan melakukan program belajar mengajar, kemampuan merencanakan dan melakukan pembelajaran remedial. 2) Upaya meningkatkan kompetensi profesional dilakukan oleh lembaga pendidikan, kepala madrasah Waka kurikulum dan guru rumpun Pendidikan Agama Islam, 3) Faktor penghambat dan pendukung kompetensi profesional terdiri dari faktor internal dan eksternal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kompetensi Profesional en_US
dc.subject Guru en_US
dc.subject Program Belajar Mengajar en_US
dc.title KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGELOLAAN PROGRAM BELAJAR MENGAJAR DI MTSN 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account