MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WHITEBOARD ANIMATION DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SEKOLAHDASARISLAMMU’TASHIM BILLAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Sulaiman, Sulaiman
dc.contributor.author Yuliawati, Esti
dc.date.accessioned 2023-06-15T07:05:37Z
dc.date.available 2023-06-15T07:05:37Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3184
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: (1) Aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan media whiteboard animation dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam اdi اKelas اV اSekolah اDasar اIslam اMu’tashim اBillahا Pontianak; (2) Penggunaan media whiteboard animation dalam pembelajaran Pendidikan اAgama اIslam اdi اKelas اV اSekolah اDasar اIslam اMu’tashim اBillah Pontianak; (3) Aktivitas belajar siswa ketika menggunakan media whiteboard animation dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V Sekolah Dasar Islam اMu’tashim اBillah Pontianak; (4) Peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa setelah menggunakan media whiteboard animation dalam pembelajaran اPendidikan اAgamaاIslam اdi اKelas اV اSekolah اDasarاIslam اMu’tashimا Billah Pontianak. Untuk menggali dan mengetahui tujuan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 16 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan adalah teknik observasi langsung dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase yang digunakan untuk menganalisis data yang berbentuk kuantitatif. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan media whiteboard animation memperoleh rata-rata pra siklus sebesar 11,81 dengan persentase 29,52% kategori rendah. (2) Penggunaan media whiteboard animation dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dilihat pada hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer. Pertama peneliti, melakukan kegiatan awal membangkitkan kesiapan peserta didik, dilanjutkan kegiatan inti mendengarkan dan menyimak materi melalui media whiteboar animation, membahas materi dan melaksanakan kegiatan penutup. (3) Aktivitas belajar siswa ketika menggunakan media whiteboard animation memperoleh persentase pada siklus 1 sebesar 59,05% dan pada siklus 2 sebesar 78,42% dengan kategori tinggi. (4) Peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa setelah menggunakan media whiteboard animation tidak terbukti, tetapi peningkatan tetap terjadi walau tidak secara signifikan dengan nilai persentase sebesar 49,9% yang dihitung dari siklus I ke siklus II. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Meningkatkan en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject Media Whiteboard Animation en_US
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WHITEBOARD ANIMATION DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SEKOLAHDASARISLAMMU’TASHIM BILLAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account