IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SD ISLAM TERPADU AL-KAHFI SANGGAU TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.author Ferbrian, Ariz
dc.date.accessioned 2023-06-15T03:46:29Z
dc.date.available 2023-06-15T03:46:29Z
dc.date.issued 2022-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3180
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Bagaimana implementasi metode wafa dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Kahfi Sanggau, 2) Apa saja hambatan yang dihadapi guru dalam menerapkan metode wafa dalam pembelajaran membaca al-Qur’an pada siswa kelas V di SDIT Al-Kahfi Sanggau, 3) Bagaimana upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam menerapkan metode wafa dalam pembelajaran membaca al-Qur’an pada siswa kelas V di SDIT Al-Kahfi Sanggau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dati tahapan pengumpulan data, pemaparan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengupulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka didapati hasil bahwa: 1) Implementasi metode wafa dalam pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan teknik penanaman konsep dan Baca Tiru Klasikal (BTK) dalam kegiatan ini guru mecontohkan pokok bahasan dan siswa dapat menirukan bacaan dari guru, Baca Simak Klasikal (BSK) dalam kegiatan ini siswa membaca, guru dan siswa lain meyimak, dalam penilaiannya metode wafa menggunakan teknik baca simak privat (BSP) untuk menguji bacaan siswa menggunakan nada hijaz dalam pelafalannya. metode ini juga memaksimalkan fungsi otak kanan dengan menggunakan lagu hijaz. Pembelajaran dilakukan secara klasikal dengan perbandingan rasio guru dan murid 1:12-15. 2) Hambatan yang dialami guru berupa; kurangnya ruang kelas, kurangnya waktu, serta perhatian orang tua, penggunaan nada hijaz. 3) Adapun upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan tersebut adalah dengan; memberikan jam tambahan diluar jam sekolah, pembagian grade atau kelompok yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, memberika motivasi untuk selalu membaca al-Qur’an di rumah serta melakukan kerjasama dengan orang tua dengan menggunakan buku amal yaumi atau buku penghubung. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Metode Wafa en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SD ISLAM TERPADU AL-KAHFI SANGGAU TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account