DAMPAK CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP SIKAP TAAT DAN PATUH SISWA PADA GURU DI KELAS 3E MIN 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Zefrizen, Arif
dc.date.accessioned 2023-06-15T03:37:55Z
dc.date.available 2023-06-15T03:37:55Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3179
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sikap taat dan patuh siswa kepada guru. Berdasarkan hasil observasi peneliti di MIN 2 Pontianak salah satunya yaitu kelas 3E, masih banyak siswa yang belum taat dan patuh terhadap perintah yang diberikan guru, siswa juga sering mengabaikan tugas yang diberikan. Bahkan ketika guru menjelaskan materi siswa sibuk dengan diri sendiri tanpa menghiraukan materi yang sedang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertama, bagaimana proses pembelajaran menggunakan model CTL. Kedua bagaimana sikap taat dan patuh siswa kepada guru pada proses pembelajaran Akidah Akhlak. Ketiga bagaimana dampak penerapan model Contextual Teaching and Learning terhadap sikap taat dan patuh siswa kepada guru kelas 3E MIN 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Dengan sumber datanya adalah guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan siswa kelas 3E di MIN 2 Pontianak berjumlah empat puluh satu orang. Adapun untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji persyaratan mulai dari uji hipotesis, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana dan analisis determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model contextual teaching and learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak guru telah melaksanakan aspek - aspek yang ada pada model CTL dimulai dari konstruktivisme (constructivism),bertanya (questioning), menemukan (inquiry), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection) dan penelitian sebenarnya (authentic assessment), pelaksanaan model pembelajaran CTL yang dilakukan oleh guru pada observasi I dan observasi II sudah melaksanakan semua langkah – langkah tersebut dengan hasil adanya peningkatan sebesar 24%. Sikap taat dan patuh siswa kepada guru pada pembelajaran CTL dengan kriteria Sangat Taat sebanyak 3 orang atau 7,5%, Taat sebanyak 33 orang atau 82%, Kurang Taat sebanyak 5 orang atau 10%, dengan demikian dapat diambil kesimpulan sikap taat dan patuh siswa kepada guru pada proses pembelajaran Akidah Akhlak adalah Taat. Setelah dilakukan Uji koefisien korelasi bahwa dampak yang diberikan oleh model CTL terhadap sikap taat dan patuh kepada guru sebesar 83,9% dengan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000. Nilai 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model CTL terhadap sikap taat dan patuh kepada guru. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject sikap taat siswa kepada guru en_US
dc.subject model pembelajaran CTL en_US
dc.title DAMPAK CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP SIKAP TAAT DAN PATUH SISWA PADA GURU DI KELAS 3E MIN 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account