STRATEGI PENYIAR DALAM PROGRAM ACARA WARKOP MAK IJAH DI RRI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Taqwa, Ria Hayatunnur
dc.contributor.advisor Gafallo, M. Fadhil Yarda
dc.contributor.author Saffitri, Fadzillah Amelia
dc.date.accessioned 2023-06-09T06:01:53Z
dc.date.available 2023-06-09T06:01:53Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3142
dc.description.abstract Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi penyiar dalam mempertahankan eksistensi serta strategi komunikasi yang digunakan penyiar agar tercapai komunikasi yang efektif di program acara Warkop Mak Ijah RRI Pro 4 Pontianak. Permasalahan ini cukup menarik untuk diteliti mengingat pentingnya strategi komunikasi yang digunakan oleh penyiar dalam mempertahankan minat pendengar agar radio tetap eksis di masyarakat dengan penyampaian komunikasi yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Harold D. Lasswell dimana strategi komunikasi harus dikaitkan dengan komponen-komponen komunikasi yang merupakan jawaban dari pertanyaan who? (siapa komunikator nya?) says what? (pesan apa yang dinyatakannya?) in which channel? (media apa yang digunakan?) to whom? (siapa komunikan nya?) with what effect? (efek apa yang diharapkannya?). Dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer berupa wawancara dan data skunder berupa dokumentasi penyiaran yang berhubungan dengan strategi komunikasi di program acara Warkop Mak Ijah RRI Pro 4 Pontianak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mempertahankan eksistensinya, program acara Warkop Mak Ijah RRI Pro 4 Pontianak menggunakan strategi daya penarik pendengar yang mana strategi ini memiliki daya tarik tersendiri yang konsepnya memenuhi kebutuhan pendengar, baik itu hiburan maupun informasi. Agar tercapai komunikasi yang efektif, program acara Warkop Mak Ijah RRI Pro 4 Pontianak penyiar menggunakan Bahasa Melayu, penyampaian lebih friendly, mengikuti trend-trend yang berkembang, dan membangun interaksi sehingga pendengar terhindar dari rasa bosan dan lebih tertarik dengan informasi yang disampaikan oleh penyiar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penyiar en_US
dc.subject Strategi Komunikasi en_US
dc.subject Warkop Mak Ijah en_US
dc.subject RRI Pontianak en_US
dc.title STRATEGI PENYIAR DALAM PROGRAM ACARA WARKOP MAK IJAH DI RRI PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account