ANALISIS STRATEGI USAHA BERBASIS EKONOMI KREATIF PASCA PANDEMI DI KELURAHAN DALAM BUGIS (Studi Kasus Pengrajin Tanjak)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ariza, Anggatia
dc.contributor.advisor Widiati, Ari
dc.contributor.author Intan, Putri
dc.date.accessioned 2023-05-26T03:51:13Z
dc.date.available 2023-05-26T03:51:13Z
dc.date.issued 2022-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3074
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi pengembangan usaha kerajinan tanjak melayu serumpun pasca pandemi, (2) kendala pengrajin tanjak melayu serumpun pasca pandemi. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian, data dan verifikasi. Peneliti juga menggunakan triangulasi sumber guna mengecek keabsahan data pada penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi pengembangan usaha yang dilakukan pada pengrajin tanjak serumpun ialah dengan mengembangkan usaha nya seperti menjual pakaian adat melayu, menjual aksesoris, menjual baju kaos yang bertemakan adat melayu, jasa pembuatan tanjak melayu, menerima jasa pembuatan baju adat melayu, dan jasa sablon baju kaos. Tidak hanya mengembangkan usaha tanjak, Awaluddin juga membuka usaha konter pulsa yang digunakan untuk memutar modal usaha tanjak agar tidak tutup saat pandemi dan terus berkembang sampai saat ini, (2) kendala pada usaha tanjak melayu serumpun adalah terbatas sumber daya manusia dan terbatas nya mesih jahit yang digunakan untuk memproduksi tanjak. Saat pandemi Awaluddin kesulitan memasarkan produk nya karna tidak ada event atau acara pernikahan pada saat itu. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Usaha en_US
dc.subject Ekonomi Kreatif en_US
dc.subject Pengrajin Tanjak en_US
dc.title ANALISIS STRATEGI USAHA BERBASIS EKONOMI KREATIF PASCA PANDEMI DI KELURAHAN DALAM BUGIS (Studi Kasus Pengrajin Tanjak) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account