PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-HUSNA PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.author Fadillah, Sahlatul
dc.date.accessioned 2023-05-16T02:33:16Z
dc.date.available 2023-05-16T02:33:16Z
dc.date.issued 2022-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3004
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA Al-Husna Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di RA Al-Husna Kota Pontianak 1) Mendeskripsikan keterampilan berbicara pada anak usia 5-6 tahun sebelum menggunakan metode bermain peran di RA Al-Husna Pontianak 2)Mendeskripsikan penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di RA Al-Husna Pontianak 3) Mendeskripsikan keterampilan berbicara pada anak usia 5-6 tahun setelah menggunakan metode bermain peran di RA Al-Husna Pontianak 4) Mendeskripsikan apakah terjadi peningkatan keterampilan berbicara pada anak usia 5-6 tahun setelah menggunakan metode bermain peran di RA Al-Husna Pontianak. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat komponen yaitu: tahap perencanaan (Planning), tahap pelaksanaan (Acting), tahap pengamatan (Observing), dan tahap refleksi (Reflekting). Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan pengukuran. Analisis data dengan cara kuantitatif menggunakan rumus persentase. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: penerapan metode bermain peran di RA Al-Husna Pontianak adalah membacakan alur cerita dan mengenalkan tokoh cerita, melaksanakan kegiatan bermain peran sesuai dengan peran yang dimainkan, melakukan tanya jawab dan evaluasi. 1) keterampilan berbicara sebelum menggunakan metode bermain peran 33,75% pada kategori kurang. 2) penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan keterampilan bermain peran di RA Al-Husna adalah membacakan alur cerita dan mengenalkan tokoh dalam cerita, melaksanakan kegiatan bermain peran sesuai dengan peran yang dimainkan, melakukan tanya jawab dan evaluasi. 3) keterampilan berbicara setelah menggunakan metode bermain peran 88,75% kategori sangat baik. 4) meningkat setelah menggunakan metode bermain peran dengan perbandingan 33,75% kategori kurang pada pra siklus, 60,31% kategori cukup pada siklus I dan 88,75% kategori sangat baik pada siklus II. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Bermain Peran en_US
dc.subject Keterampilan Berbicara en_US
dc.title PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-HUSNA PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account