EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK SE-KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, M
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author Fatayati, Intan
dc.date.accessioned 2023-05-16T01:58:46Z
dc.date.available 2023-05-16T01:58:46Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3001
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dinamika pembelajaran tatap muka terbatas dapat mempengaruhi efektivitas belajar, yang mungkin belum diketahui. Peneliti mengetahui bahwa belum ada penelitian yang melakukan pengukuran terhadap efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas pada tingkatan Taman Kanak-Kanak (TK) khususnya di kota Pontianak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas terhadap perkembangan aspek nilai agama dan moral anak usia dini di TK se-kota Pontianak tahun pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru selama pembelajaran tatap muka terbatas pada aspek perkembangan nilai agama dan moral di TK se-kota Pontianak tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan jenis penelitian survey. Populasi dari penelitian ini adalah 30 TK se-kota Pontianak yang tersebar di enam kecamatan Pontianak. Sampel penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian untuk pengambilan data menggunakan lembar kuesioner, pedoman wawancara dan dokumentasi. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas dengan menggunakan validitas isi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil kuesioner persepsi guru yang dikonversikan ke nilai persepsi interval Keefektifan Proses Pembelajaran, maka didapatkan nilai sebesar 3,12 yaitu memiliki makna bahwa efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas terhadap perkembangan anak usia dini pada aspek nilai agama dan moral berada pada kategori Efektif. 2) Berdasarkan hasil wawancara ditemukan kendala yang dihadapi guru selama pembelajaran tatap muka terbatas terhadap aspek perkembangan nilai agama dan moral di sekolah adalah keterbatasan waktu, hal tersebut menyebabkan harus menyedikitkan jumlah doa-doa pendek dan juga tidak bisa mengajarkannya berulang-ulang, tidak bisa praktek beribadah langsung di tempat beribadah, kurangnya sentuhan dengan anak karena harus menjaga jarak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Pembelajaran Tatap Muka Terbatas en_US
dc.subject Nilai Agama dan Moral en_US
dc.title EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK SE-KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account