Abstract:
Pelaksanaan pembelajaran merupakan salah satu peran penting dalam melakukan proses pembelajaran disekolah, sebagai seorang guru harus mampu memberikan penyampaian atau penyajian materi yang baik terhadap materi yang akan disampaikan kepada peserta didiknya. Dalam hal ini peneliti berfokus terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran disekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta Miftahul Ulum Kubu Padi. Dalam melakukan sebuah penelitian, penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Alat dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan penggumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti juga menggunakan teknik analisis data yang berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Penyajian data yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan triangulasi data. Dari Hasil yang peneliti temui dilapangan bahwa perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dikelas VII MTs Miftahul Ulum Kubu Padi masih belum maksimal dalam melakukan perencanaan dan pelaksanaannya, baik itu kegiatan awal, inti dan akhir pembelajaran.