KESULITAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PERTEMUAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) PADA MASA TRANSISI DI KELAS X IPS 2 SMAN 3 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor A, Rustam
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.author Lestari, Rini Indah
dc.date.accessioned 2023-05-09T04:09:55Z
dc.date.available 2023-05-09T04:09:55Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2915
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengungkap kesulitan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) pada masa transisi di Kelas X IPS 2 SMAN 3 Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022: 2) Mengetahui fakor penyebab kesulitan dalam pembelajaran Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) pada masa transisi di Kelas X IPS 2 SMAN 3 Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022: 3) Mengetahui alternatif solusi untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) pada masa transisi di Kelas X IPS 2 SMAN 3 Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengunakan metode deskriptif. Sumber data primer yang didapatkan dalam penelitian ini, diperoleh hasil pengamatan dan wawancara kepada guru SMA Negeri 3 Pontianak dan perserta didik, sementara itu sumber data sekunder yang didapatkan dalam penelitian ini diperoleh dari buku dan sumber lain seperti jurnal yang berbicara tentang kesulitan guru pendidikan dalam pembelajaran Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) pada masa transisi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi kesimpulan data. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Berdasarkan analisis yang peneliti lakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Kesulitan yang dihadapi guru PAI dalam PTMT adalah sulitnya membagi waktu belajar, penyampaian materi kurang maksimal, waktu pelajaran yang singkat, serta penguatan materi kurang maksimal; 2) Faktor penyebab kesulitan guru PAI dalam PTMT pada masa transisi antara lain: faktor internal yaitu kurangnya kesiapan guru, kurangnya pemahaman terhadap IT, masih menerapkan pembelajaran konvensional, kurang kreatif dalam menerapkan model pembelajaran dan faktor eksternal yaitu kemampuan siswa beragam, keterbatasan interaksi yang dianjurkan pemerintah, dan kebijakan sekolah yang mengikat pada aturan pemerintah; 3) Upaya untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi guru PAI dalam PTMT adalah sosialisasi yang matang terkait PTMT, mengasah kemampuan guru dalam penggunaan IT dengan mengikuti berbagai pelatihan dan workshop, guru harus lebih kreatif untuk menerapkan model pembelajaran yang terpusat kepada peserta didik, dan guru harus lebih giat lagi belajar untuk memperbaiki kualitas pendidikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kesulitan Guru en_US
dc.subject Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title KESULITAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PERTEMUAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) PADA MASA TRANSISI DI KELAS X IPS 2 SMAN 3 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account