UPACARA TRADISI ATAN PAGAR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM PADA MASYARAKAT MELAYU DI KABUPATEN SINTANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Sulaiman, Sulaiman
dc.contributor.author Candikasari, Meitri
dc.date.accessioned 2023-05-09T02:08:38Z
dc.date.available 2023-05-09T02:08:38Z
dc.date.issued 2020-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2905
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti untuk mencari dan menemukan perspektif pendidikan Islam dalam upacara tradisi atan pagar pada masyarakat Melayu di Kabupaten Sintang. Tradisi ini masih dilakukan hingga saat ini, tetapi telah banyak terjadi perubahan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan agama Islam, namun masih banyak masyarakat Melayu yang beragama Islam tidak mengetahui bagaimana perspektif pendidikan Islam dalam upacara tradisi atan pagar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1. Proses pelaksanaan upacara tradisi atan pagar pada masyarakat Melayu di Kabupaten Sintang. 2. Perspektif pendidikan Islam mengenai upacara tradisi atan pagar pada masyarakat Melayu di Kabupaten Sintang. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1. Proses pelaksanaan upacara tradisi atan pagar dimulai dari saat kedatangan rombongan pihak calon pengantin laki-laki ke rumah calon pengantin perempuan hingga rombongan pihak calon pengantin laki-laki diperbolehkan masuk ke rumah calon pengantin perempuan atau diperbolehkan melewati penghadang sebagai rintangan dalam tradisi atan pagar. 2. Perspektif pendidikan Islam mengenai upacara tradisi atan pagar pada masyarakat Melayu di Kabupaten Sintang dipandang dari tiga aspek pendidikan, yaitu aspek pendidikan akidah, aspek pendidikan akhlak, dan aspek pendidikan ibadah. Perspektif pendidikan Islam dalam upacara tradisi atan pagar dari aspek pendidikan akidah, tidak terdapat penanaman nilai-nilai pendidikan Islam terkait aspek pendidikan akidah. Perspektif pendidikan Islam dalam upacara tradisi atan pagar dari aspek pendidikan akhlak, maka terdapat beberapa hal berupa penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Diantaranya adalah membiasakan beradab, membiasakan gotong royong, membiasakan tolong-menolong, membiasakan bersyukur, membiasakan bersabar, dan membiasakan berpakaian rapi. Perspektif pendidikan Islam dalam upacara tradisi atan pagar dari aspek pendidikan ibadah, maka terdapat beberapa hal berupa penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Diantaranya adalah membiasakan bersedekah, membiasakan salam, membiasakan berdoa, membiasakan silaturrahim, membiasakan memuji Allah (hamdalah), dan memuji rasul-Nya (selawat). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Upacara Tradisi Atan Pagar en_US
dc.subject Perspektif Pendidikan Islam en_US
dc.subject Masyarakat Melayu en_US
dc.title UPACARA TRADISI ATAN PAGAR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM PADA MASYARAKAT MELAYU DI KABUPATEN SINTANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account