DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII IPS DI MAN 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Agustina, Kurnia
dc.date.accessioned 2023-05-08T06:38:54Z
dc.date.available 2023-05-08T06:38:54Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2896
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk Mendiagnosis Apa Saja Kesulitan Belajar Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XII IPS Di MAN 2 Pontianak, dengan sub penelitian yaitu; 1) Apa Saja Kesulitan Belajar, 2) Mengapa Kesulitan Belajar Muncul, 3) Cara Mengatasi Kesulitan Belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk memperoleh data, peneliti memiliki teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan peserta didik kelas XII IPS, sedangkan sumber data skunder dalam penelitian ini ialah dokumen-dokumen seperti; Silabus, RPP, daftar Nilai, Absen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa; Apa Saja Kesulitan Belajar Pembelajaran Akidah Akhlak Yang Dialami Peserta Didik Kelas XII IPS yaitu Menganalisis makna dan upaya meneladani Al-Asma Al-Husna, Menganalisis makna, pentingnya, dan upaya memiliki sikap tasamuh, persamaan derajat, tawasuth, dan ukkhuwwah. Menganalisis konsep, penyebab, dan cara menghindari sifat tercela yaitu nifaq, keras hati, ghadab. Menganalisis adab Islam dalam bergaul dengan teman sebaya dan lawan jenis. 2) Mengapa Kesulitan Belajar Itu Muncul Pada Peserta Didik Kelas XII IPS di MAN 2 yaitu ada faktor Eksternal, kurang dukungan orang tua, kurang bisa mengatur waktuk untuk belajar, bermain dan istirahat, kondisi kelas kurang memadai. Faktor Internal, peserta didik merasa ngantuk, capek, kurang konsentrasi, memiliki mata mines, terkadang asam lambung, kurang berbakat, kurang berminat, kurang motivasi, mengalami stress dan emosi. Faktor waktu, waktu kurang untuk peserta didik mepelajari materi dan mengerjakan soal. Faktor Kurikulum KMA 183, perubahan kurikulum dengan KD yang sudah HOTS. 3) Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik kelas XII IPS Pada Pembelajaran Akidah Akhlak kelas XII IPS. memperkirakan alternatif bantuan dengan mempertimbangkan pertanyaan-prertanyaan yang telah disiapkan, peserta didik mengulang-ulang materi, menambah waktu, mencatat point-point penting. Menetapkan kemungkinan cara mengatasinya, yaitu mengadakan evaluasi dan wawancara atau tanya jawab, mengadakan remedial dan pengayaan. Tindak lanjut, merealisasikan program remedial, membutuhkan pihak lain yaitu bantuan dengan teman sebaya, setelah itu mengevaluasi program teman sebaya dalam mengatasi kesulitan belajar, yang terakhir akan meminta bantuan kepada pihak yang lebih ahli yaitu guru mata pelajaran lain, wali kelas dan guru BK, peserta didik menambah sumber belajar, berdiskusi kelompok. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Apa Saja en_US
dc.subject Cara Mengatasi en_US
dc.subject Penyebab Kemunculan Kesulitan Belajar en_US
dc.title DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII IPS DI MAN 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account